15 Jul 2015

Andyroid, Alternatif Bluestacks di OS X

Buat kamu pecinta game Android, ada lagi emulator yang bisa menjalankan Android di PC atau OS X kamu. Aplikasi itu bernama Andyroid.

Hal ini berawal dari Genymotion milikku yang tiba-tiba tidak bisa dijalankan dengan benar. Sebelumnya, saya menggunakan Bluestacks untuk menjalankan aplikasi Android di Mac OS. Namun, setelah berlalu beberapa bulan, saya ingin memainkan Clash of Clans di Mac OS. Saya cari di Bluestacks, ternyata tidak mendukung untuk Bluestacks versi Mac.

Setelah itu saya menemukan alternatif lainnya, yaitu memakai Genymotion. Entah kenapa Genymotion milik saya mengalami kejanggalan waktu saya buka lagi. Padahal terakhir April lalu masih bisa saya gunakan untuk menjalankan Clash of Clans.

Andyroid, Alternatif Bluestacks di OS X

Akhirnya saya googling lagi dan menemukan Andyroid. Aplikasi Andyroid ini lebih gampang konfigurasinya jika dibandingkan dengan Genymotion. Berikut ini adalah tampilan Andyroid di MacBook saya.

Andyroid

Andyroid ini terbilang lumayan ringan dibandingkan dengan Bluestacks. Hanya saja setiap kali saya main game Android menggunakan Andyroid, konsumsi baterai langsung naik. Dari kondisi 100% hanya bertahan paling sejam. Padahal jika tidak bermain game, MacBook saya masih bisa bertahan 5 jam.

Game yang sudah saya coba di Andyroid antara lain: Clash of Clans, Bomb Beach, DomiNations, dan Pucca Pucca. Performa Clash of Clans yang saya jalan di Andyroid lebih mulus daripada saat dijalankan di Genymotion. Bahkan game DomiNations lebih berjalan mulus di Andyroid daripada di Samsung Galaxy Tab 3 Lite. Saya juga sempat bingung dengan fenomena ini. Apa mungkin karena RAM di Galaxy Tab 3 Lite saya cuma 1 GB, sedangkan RAM MacBook saya 4GB?

Jika dibandingkan dengan Bluestacks, Andyroid lebih mirip dengan Android di ponsel. Kamu benar-benar bisa mengakses email, file explorer, bahkan masuk pengaturan. Di Android kamu juga bisa mengakses kamera, sangat berbeda dengan Bluestacks. Sebenarnya jika dibandingkan dengan Genymotion, Genymotion lebih unggul. Hanya saja Genymotion membutuhkan RAM yang lebih besar dan beberapa fiturnya tertutup untuk versi gratis. Untuk versi berbayarnya, Genymotion bisa melakukan factory reset dan paling saya suka adalah bisa melakukan screencasting. Screencasting adalah kegiatan merekam aktivitas yang berjalan di Android, seperti halnya merekam demo aplikasi yang berjalan di Android kamu.

Pasti kamu penasaran 'kan ingin mencobanya juga? Andyroid ini tersedia untuk Windows, OS X, bahkan Linux. Kamu bisa mengunduhnya di situs resmi Andyroid di www.andyroid.net. Selamat mencoba :)

2 komentar:

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia