16 Jun 2015

Jika Ingin Blog Menghasilkan, Pasanglah Umpan

Jika kamu ingin orang lain membantumu, maka terlebih dahulu bantulah dia. Itu adalah hukum alam yang ada, namun tidak semua orang menyadarinya. Beberapa orang berpikir bahwa dia bisa minta bantuan orang lain tanpa harus membantunya terlebih dahulu. Namun, itu sangat jarang terjadi.

Seperti halnya kamu memancing. Tidak mungkin ikan akan terperangkap di kailmu, jika kamu tidak memberikan umpan. Begitu juga dengan ngeblog. Untuk menghasilan sesuatu, entah itu uang atau lainnya, tentu saja butuh sebuah umpan. Dan sayangnya, banyak sekali orang ngeblog yang ingin menghasilkan uang dari blog-nya, namun lupa memberikan umpan. Atau mungkin sebenarnya tidak lupa, tapi lebih ke arah tidak mau memberi umpan.

Dalam posting kali ini saya akan memberikan beberapa contoh umpan-umpan ngeblog yang kadang dilupakan oleh para blogger. Semoga saja setelah kamu membaca tulisan ini, kamu akan sadar dan mulai menebar umpan untuk blog-mu.

Umpan Pertama: Belilah Domain Berbayar

Kebanyakan blogger pemula berpikir bahwa ngeblog adalah untuk hal yang iseng saja. Karena keisengan ini akhirnya mereka enggan membeli domain, karena harus merogoh kocek sedikit hanya untuk domain sebuah blog.

Karena kesalahan inilah akhirnya dia kehilangan salah satu kesempatan mendapatkan uang dari ngeblog. Mengapa seperti itu? Karena kebanyakan pemberi iklan atau job review, mereka mencari blog dengan domain TLD, dan domain TLD ini berbayar. Mengapa pemberi job review mencari domain TLD? Tentu saja karena domain TLD itu menunjukkan keseriusan sang pemilik blog. Mana mungkin pemberi job review memberikan pekerjaan kepada orang yang tidak serius.

Selain itu domain TLD ini bisa memberikan backlink kepada pemberi job review, yang nantinya bisa meningkatkan peringkat website di posisi pencarian Google.

Pengalaman selama 6 tahun ngeblog, saya baru membeli domain TLD setelah 2 tahun ngeblog karena tersadar bahwa selama ini saya melakukan kesalahan tidak memasang umpan. Alhamdulillah, setelah saya memakai domain berbayar, rejeki mulai berdatangan. Bermula dari yang kecil dan semakin lama semakin bertambah.

Umpan Kedua: Kunjungilah Blog Orang Lain

Jangan pernah berpikir blog-mu akan dikenal orang lain jika kamu sendiri tidak ingin mengenal orang lain. Ketika awal saya ngeblog, saya cuma menulis di blog dan tanpa kunjungan di blog orang lain. Hasilnya? Tentu saja bisa dipastikan. Dalam sebulan paling yang mengunjungi blog saya maksimal 10. Itupun mungkin dari Google.

Setelah kejadian itu, saya sadar bahwa memang ngeblog itu adalah berinteraksi. Jika ingin blog-mu dikunjungi banyak orang, maka kunjungilah blog orang lain. Jangan lupa tinggalkan komentar yang relevan dan tidak spamming. Berilah juga tautan dari nama komentar, sehingga dia bisa mengunjungi balik blog-mu.

Dengan saling mengunjungi seperti ini, kamu bisa mendapatkan banyak teman dan informasi, termasuk informasi bagaimana menghasilkan uang melalui blog.

Umpan Ketiga: Berbagilah

Jika kamu ingin diberi, maka berilah orang lain terlebih dahulu. Salah satu cara untuk menghasilkan uang dari blog adalah dengan berbagi informasi atau hadiah. Misal dengan membuat sayembara atau biasanya lebih dikenal dengan giveaway di blog-mu.

Dengan membuat giveaway tersebut, maka akan bermunculkan banyak blogger lain yang akan melakukan hal serupa. Tentu saja dengan berbagi seperti ini akan membuat hubunganmu dengan blogger lain semakin dekat. Ketika seseorang dekat, maka bukan tidak mungkin dia akan memberikan resep rahasia yang selama ini dia gunakan untuk menyulap blog-nya menjadi uang.

Umpan Keempat: Permudahlah Orang Lain

Barangsiapa yang memudahkan orang lain, tentu dirinya akan mendapatkan kemudahan serupa. Saya agak aneh ketika melihat blogger yang melakukan backlink yang terkesan spamming sana-sini, namun dia sendiri menutup blog-nya untuk dikomentari orang lain.

Aneh saja, dia ingin mendapatkan backlink, namun orang lain tidak boleh mendapatkan backlink darinya. Hal yang seperti ini bisa dibilang pelit. Dia maunya cuma menerima dan enggak memberi. Biasanya blog yang seperti ini akan mengalami keterpurukan. Dia tidak akan mempunyai teman yang bisa memberikan informasi apapun, bahkan informasi yang bisa menguntungkan baginya.

Maka dari itu, permudahlah orang lain dengan membuka kotak komentar di blog-mu. Karena hanya dengan kotak komentarlah pengunjung bisa berkomunikasi denganmu. Mana mungkin pengunjung repot-repot mencari akun Facebook atau Twitter kamu hanya untuk sekedar menyapa orang yang baru ia kenal. Memang tidak ada pekerjaan lainnya?

Kesimpulan

Itulah setidaknya keempat umpan yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang dari blog-mu. Lakukanlah keempat umpan tersebut, niscaya kamu akan merasakan buah dari kerja kerasmu. Tidak percaya? Saya sudah membuktikan dan sudah merasakan hasilnya. Dengan bekerja di rumah, ngeblog, serta bermain dengan istri dan anak, saya masih bisa menghidupi keluarga saya. Semoga posting ini menginspirasi dan memberikan kamu semangat ngeblog. Selamat mencoba :)

7 komentar:

  1. Saya pasang umpan dengan berkunjung di sini.
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga cukup kalo cuma pasang umpan di sini aja :D

      Hapus
  2. Permudahlah orang lain maka kita jga akan mendapat kemudahan ya

    BalasHapus
  3. lho linknya umpan alat pancing hee :D

    BalasHapus
  4. setuju, semoga dilancarkan semua usaha mempermudah oranglain dan hanya karena Allah saja ya, bukan cuma ingin dibilang baik tapi mengharapkan sesuatu...helah komen opo aku....suskes terus ya,

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia