7 Jun 2015

Memformat Ulang Tulisan dari Word ke Blogger

Tadi pagi istri saya cerita bahwa penulis tamu di salah satu blog kami lainnya kesulitan untuk memformat ulang tulisannya. Penulis tamu tersebut awalnya menulis di Word lalu disalin ke dalam dasbor Blogger.

Memang kebanyakan orang lebih nyaman menulis di Word terlebih dahulu lalu dipindah di blog. Sangat berbeda dengan saya dan istri yang lebih suka menulis di dasbor Blogger langsung, karena memang lebih hemat waktu karena tidak perlu melakukan tata dan format ulang tulisan.

Namun, cara yang kami pilih ini harus mempunyai koneksi internet. Saya biasa melakukan tethering internet dari tablet atau ponsel Samsung saya, walaupun faktanya saya punya dua modem GSM. Karena menurut saya, mencolokkan modem GSM dan menyambungkan internet lewat modem GSM lebih lambat sekian menit daripada menghidupkan WiFi Android untuk tether. Hal ini saya lakukan demi mempertahankan mood menulis.

Memformat Ulang Tulisan dari Word ke Blogger

Kembali ke topik awal. Dalam tulisan saya kali ini, saya akan menunjukkan bagaimana caranya memperbaiki format tulisan dari Word yang kacau balau ketika disalin di Blogger. Di bawah ini adalah salah satu artikel dari penulis tamu. Tulisan ini ditulis di Word.


Langkah selanjutnya adalah menyalin tulisan dengan klik kanan lalu pilih "Copy".


Setelah itu tempel pada editor dasbor Blogger. Format tulisan akan kacau balau, seperti di bawah ini.


Apalagi jika kamu lihat di tab "HTML", kamu akan melihat banyak kode yang tidak dibutuhkan tersemat dalam tulisan.


Dan ketika kamu lihat di "Preview", kamu akan melihat betapa tidak teraturnya tulisan. Terkadang format tulisan yang kacau balau ini akan mempengaruhi feed di blog dan mesin pencarian.


Nah, untuk menanggulangi masalah tersebut adalah dengan memilih semua teks (Ctrl A). Lalu klik ikon "Remove formating" yang tersedia pada editor Blogger.


Setelah itu, untuk menghasilkan format tulisan yang bagus, atur pada "Pilihan" seperti gambar di bawah ini. Lalu klik "Selesai".


Setelah itu, atur formatnya. Kamu cukup melakukan pemformatan tulisan dengan fitur yang sudah disediakan di dasbor Blogger. Hemat saya, fitur pemformatan tulisan yang ada di Blogger sudah cukup memuaskan. Misal untuk membuat poin-poin dengan penjelasan di bawahnya, pilih "Heading".


Kamu juga bisa menambahkan link dan numbering. Selama ini saya cukup menggunakan fitur yang ada di Blogger untuk menulis.


Bagi saya Blogger sudah menyediakan banyak hal. Jika ingin memformat gaya tulisan, seperti warna dan lain-lain, saya tidak mengeditnya satu per satu di dasbor karena itu melelahkan. Gaya tulisan saya tentukan melalui CSS yang terdapat pada template. Dan hal itu, mempermudah saya untuk mengubah gaya tulisan sewaktu-waktu dalam jumlah yang besar. Jadi, apa lagi yang sulit? Selamat mencoba :)

15 komentar:

  1. Oo gitu ya caranya
    Kadang-kadang suka kacau formatnya, jadi diedit satu-satu deh

    BalasHapus
  2. Aku baru sadar kalau ada fungsi Remove Formatting.. :v haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh yah?
      bukannya sejak dulu ada yah :D

      Hapus
  3. Pertama kali pindah ke platform wordpress kebingungan kayak gini juga. Xixi
    Makasih ilmunya....

    BalasHapus
  4. Ooo gitu yaaa

    aku biasanya masukin ke notepad dulu. Kdg langsung copas formatnya jg gak terlalu berubah sih hihih

    BalasHapus
  5. Saya juga lebih senang langsung menulis di dashboard blogger, adapun jika menggunakan jasa penulisan artikel maka saya biasanya meminta mereka juga menulis di dashboard blogger, lalu mengirimkan filenya dalam bentuk HTML, jadi tinggal copy, tanpa perlu melakukan perubahan yang banyak,

    Jika pemilik jasa merasa ribet, maka sy langsung undang untuk jadi penulis di blog, dan jika memang harus menulis di Word, maka saya menggunakan cara diatas, atau dengan menyimpan SAVE AS dengan format WEB PAGE, tinggal copy dan edit-edit dikit.

    Kunjungan pertama ke blog ini, salut sama tampilannya yg berbeda dengan lainnya,
    Salam dari Admin Caraseobali.com

    BalasHapus
  6. ooh gitu ya caranya, kalau aku biasanya copas per paragraf biar ga amburadul

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak
      berarti banyak juga blogger yang belum tahu cara ini

      Hapus
    2. Walaupun perparagraf, akan ada error juga, Mbak.

      Hapus
  7. Saat pertama blogging saya juga punya masalah yang sama, Tapi sekarang saya salin ke notepad dulu.

    BalasHapus
  8. Kalau saya biasanya, copy dulu ke notepad...kmd copas ke blog.

    Sekaligus menyimak tutorial lainnya, kebetulan sedang re-desain lay out blog neh dan masih belum pas dgn template yg saat (sementara) terpasang.

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia