21 Jun 2015

Cara Merawat Charger Smartphone

Semakin berkembangnya jaman harga smartphone semakin murah. Smartphone pun menjadi barang yang lumrah. Hampir semua orang memiliki smartphone. Bahkan anak SD pun sekarang sudah punya smartphone. Dengan semakin banyaknya pengguna smartphone, di tempat-tempat umum banyak sekali menyediakan steker. Hal ini karena konsumsi baterai smartphone lebih boros dari baterai biasanya. Bicara tentang baterai tentu tidak lepas dari chargernya. Tapi tahu kah kamu kebanyakan orang tidak merawat charger smartphonenya dengan baik. Tentu saja hal ini dapat berpengaruh pada daya tahan baterai smartphone. Untuk itu sebaiknya kita mengetahui cara merawat charger smartphone. Sehingga charger lebih awet.

Cara Merawat Charger Smartphone

Ternyata untuk merawat charger smartphone tidaklah sulit. Hanya saja butuh sedikit kedisiplinan saat menggunakannya. Berikut adalah beberapa cara merawat charger smartphone agar tetap awet.

1. Gulung Dengan Benar

Posisi kabel charger saat digulung sangat menentukan awet atau tidaknya charger smartphone. Maka dari itu ketika menggulung kabel pastikan agak longgar sehingga kabel tidak tegang. Jika kamu menggulung kabel terlalu rapat, biasanya pangkal kabel charger menjadi tegang. Kondisi seperti ini dapat membuat elemen di dalam kabel putus.

2. Copot Setelah Charging

Kebiasaan buruk kebanyakan orang, setelah selesai mengisi baterai biasanya tidak mencopot charger dari sumber listrik dan membiarkan kabelnya terurai begitu saja. Hal ini akan membuat charger lebih cepat rusak karena terus menerus terhubung dengan sumber listrik. Hal ini juga termasuk pemborosan listrik.

3. Pastikan Posisinya Benar

Ketika kita bepergian membawa smartphone tentu kita juga akan membawa charger smartphone. Simpanlah charger pada posisi yang benar. Pastikan charger tidak terhimpit benda-bedan lainnya. Jangan lupa pastikan kabel charger digulung dengan baik. Sehingga tidak kusut untuk menghindari resiko kabel putus.

4. Hindarkan Dari Anak Kecil

Jika di rumah kamu banyak anak kecil apalagi balita, lebih baik meletakan charger di tempat yang tidak dapat dijangkau anak-anak. Karena saya sendiri pernah mengalami kerusakan charger akibat ditarik oleh anak. Akhirnya charger tidak dapat berfungsi dengan baik. Maka dari itu penting sekali untuk tidak meletakannya sembarangan. Bahkan saat mengisi baterai hindari tempat yang dapat dijangkau anak-anak.

5. Simpan Di Tempat Yang Aman

Usahakan setelah mengisi baterai letakan charger di tempat yang aman. Hal ini untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjatuh dari tempat yang tinggi atau malah ditarik oleh anak-anak. Begitu juga saat mengisi baterai di tempat umum, hindari meletakan charger di meja atau tempat lainya. Usahakan untuk langsung menyimpannya di dalam tas atau kantong baju.


1 komentar:

  1. kalau lagi ngecharge jangan di pakai main apalagi sama anak hehehe aku pernah rusak ujungnya

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia