6 Jun 2015

Cara Membuat Formulir Kontak di Blogger

Dalam sebuah blog, adanya halaman kontak adalah hal yang sunnah muakkadah. Mungkin kamu menganggap tidak seberapa butuh. Namun, tahukah kamu jika halaman kontak adalah halaman yang krusial.

Beberapa pengunjung yang tertarik dengan blog-mu, dia akan berusaha menghubungimu untuk sekedar menyapa atau bahkan ingin bertanya-tanya mengenai blog-mu. Tak jarang, ada pengunjung yang tertarik dengan blog ini dan memberikan tawaran job review.

Memang tawaran yang diberikan tidak sebesar jika mendapatkan job review dari publiser iklan, namun tetap saja itu adalah hal yang menguntungkan bagi saya. Dulu, saat pertama kali ngeblog tahun 2009 hingga 2011 lalu, saya memilih untuk menjadi blogger yang anonim. Namun, sejak tahun 2012 saya memilih untuk menjadi blogger yang biasa saja, tidak menyembunyikan identitas. Mengapa saya memilih untuk ini? Jawabnya, karena saya capek jadi anonim, hehe. Lagian saya bukan orang terkenal yang harus menyembunyikan semua identitas saya.

Baik, kembali lagi ke topik bahasan. Saya berkali-kali mengubah format halaman kontak blog ini. Tujuannya adalah membuat halaman tersebut mudah digunakan bagi pengunjung. Awalnya saya menggunakan Google Form, namun saya kerepotan. Google Form tidak bisa langsung memberikan notifikasi ke email saya saat pengunjung melakukan submit. Atau mungkin saya yang katrok?

Akhirnya saya memutuskan untuk mengganti Google Form tersebut dengan Formulir Kontak bawaan Blogger. Sebenarnya Formulir Kontak ini adalah gadget Blogger yang dipasang di sidebar, namun saya menyulapnya bisa dipasang di halaman kontak. Penasaran bagaimana bentuknya? Kamu bisa mengunjungi halaman kontak Iskael. Ketika kamu mengisi formulir dan klik kirim, kiriman kamu akan segera muncul di email saya. Berikut ini adalah cara membuatnya.

Cara Membuat Formulir Kontak di Blogger

Pertama, masuklah dalam dasbor Blogger. Setelah itu, klik pada "Tata Letak". Kamu akan melihat secara struktural template blog kamu. Setelah itu klik "Tambahkan Gadget".


Maka akan muncul jendela popup seperti di bawah ini. Klik pada "Gadget Lainnya". Setelah itu klik "+" pada "Formulir Kontak Baru!".


Selanjutnya akan muncul halaman seperti di bawah. Isi judul gadget sesuai yang kamu inginkan.


Setelah itu kamu akan melihat ada gadget baru di sidebar blog kamu.


Salin kode gadget tersebut lalu tempel pada halaman kontak milikmu. Bagaimana cara menyalin kode gadget tersebut? Caranya adalah dengan melakukan inspect element. Jika kamu kesusahan untuk inspect element, kamu bisa menyalin kode gadget Formulir Kontak yang saya sediakan di bawah ini. Klik pada tab "HTML" lalu salin kode tersebut.

See the Pen jPmqOK by Iskandar Dzulkarnain (@iskael) on CodePen.

Tak usah khawatir. Kode Formulir Kontak sama semua. Saya sudah membuktikannya dengan menyalin kode tersebut untuk blog saya yang lain. Di bawah ini adalah contoh hasil dari kode Formulir Kontak yang saya salin dari sidebar kemudian saya taruh di halaman kontak (Kirim Ide).


Setelah itu, langkah selanjutnya adalah dengan mengetes apakah Formulir tersebut berjalan dengan baik atau tidak. Isilah formulir tersebut lalu klik "Kirim". Jika berhasil, maka akan ada notifikasi "Pesan sudah dikirim." lalu cek apakah masuk di email kamu.


Sangat mudah bukan? Apakah berhenti sampai di sini? Belum. Kamu harus menyembunyikan gadget Formulir Kontak yang masih muncul di sidebar. Caranya adalah dengan CSS. Pada halaman Edit HTML template di dasbor kamu, carilah baris yang terdapat kumpulan CSS.

Biasanya sebuah template memiliki CSS sidebar dengan ".sidebar" atau "#sidebar", tergantung yang membuat template tersebut. Dalam kasus ini saya menggunakan "#sidebar", maka kode CSS yang harus ditambahkan pada template kamu adalah:

#sidebar .ContactForm { display: none !important; }

Lalu simpan perubahan. Kemudian lihat hasilnya. Mudah bukan? Selamat mencoba :)

8 komentar:

  1. oh sekarang sudah ada widgetnay ya di blogger, aku pakai tapi bukan yang ini. Ganti ah . Thanks infonya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah dari tahun 2014 lalu mbak :D
      cuma baru sekarang aku coba

      Hapus
  2. Wow, amazing!
    Itu widget baru ya?
    Saya sudah lama tidak pakai blogspot.. Lebih tepatnya sudah lama gak ngeluh sama sekali.. Hehe

    Salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, tapi widget baru yang lama :D
      iya, barusan aku ngunjungi blog barunya mas

      Hapus
  3. wah sayang sekali sob, saya udah gak pakai blogger,, kira2 klo di wordpres bisa gak ya ..???

    BalasHapus
  4. Udah lama gak pakai blogger. Tapi tutorial diatas bikin kangen juga sama dashboard blog di blogger :D Blog blog lamaku apa kabarnya yaaa :D

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia