1 Jun 2015

5 Cara Mengamankan Ide Ngeblog

Dalam dunia ngeblog, ide adalah salah satu hal yang sangat berharga. Menemukan ide yang bagus amatlah sulit. Beberapa blogger biasanya akan mulai melambat aktivitas ngeblog-nya jika dia tidak punya ide yang akan ditulis lagi.

Sebenarnya, untuk menulis blog tidaklah sulit jika blog tersebut ber-niche sembarang. Semua hal bisa menjadi sebuah ide. Misalkan kamu jalan-jalan ke mal, itu pun bisa menjadi sebuah ide untuk tulisan di blog kamu.

Banyak hal di sekitar kamu yang bisa menginspirasi dirimu untuk menuliskannya di blog. Namun, mengapa masih banyak orang yang kebingungan mencari ide untuk blog-nya? Sebagian besar mereka adalah karena menunda menuliskan ide mereka, lalu ide tersebut menyublim hilang bersama kesibukan.

Berikut ini adalah cara untuk mengamankan ide kamu agar tidak menyublim begitu saja. Kamu bisa menuliskan ide kamu kelak jika senggang, asalkan dengan menyimpan ide tersebut terlebih dulu.

Tulis di Kertas

Salah satu cara mengamankan ide adalah dengan menuliskannya di kertas. Biasanya seorang penulis mempunyai buku catatan yang digunakan untuk menulis poin-poin penting. Beberapa tahun lalu, saya juga melihat seorang yang membawa kertas berisi tulisan untuk diposting ke blog miliknya. Beberapa orang memang lebih nyaman dan lancar ketika menuangkan idenya di kertas. Berbeda dengan saya yang lebih nyaman langsung mengetik ide saya langsung di dasbor Blogger.

Tulis di Ponsel, dengan SMS atau Catatan

Ponsel adalah hal yang melekat di orang zaman sekarang. Hampir tiap saat seseorang memegang ponselnya. Nah, cara yang ampuh untuk mengaman ide kamu adalah dengan menuliskannya di catatan. Bagi beberapa orang yang lebih sering SMS, bisa menyimpan idenya melalui draft SMS.

Kebiasaan yang saya sering lakukan adalah menulis ide saya di catatan. Biasanya saya menggunakan aplikasi Android yang  bernama ColorNote karena fiturnya yang banyak dan aplikasinya ringan.

Foto Objek Ide

Cara ini adalah cara yang agak unik, yaitu menyimpan ide dengan memfoto objek ide tersebut. Biasanya cara ini digunakan oleh blogger yang blog-nya berisi cerita jalan-jalan dan petualangan kuliner. Sangat penting menunjukkan foto untuk menguatkan cerita.

Dengan foto kamu bisa mengingat kejadian-kejadian yang pernah kamu alami dengan mudah. Jika sudah ingat, selanjutnya adalah tinggal menuliskannya di blog kamu.

Ketik di Laptop, dengan Notepad atau Evernote

Kebanyakan blogger sangat sering menyentuh laptopnya, begitu pun saya. Meskipun sering menyentuh laptop, namun belum tentu bisa langsung menulis. Terkadang malah bingung mau menulis apa ketika sudah masuk di dasbor Blogger. Atau jika sudah ada ide menulis, terkadang masih malas atau terkendala masalah waktu.

Biasanya jika saya mengalami hal seperti ini, saya akan menuliskan ide saya di Notepad. Namun, beberapa bulan ini saya menuliskan ide saya di Evernote. Evernote ini adalah aplikasi sejenis Notepad, namun memiliki banyak fitur. Fitur yang saya suka adalah bisa memanajemen catatan saya. Selain itu, saya bisa mengakses catatan saya di Evernote melalui banyak perangkat karena tersinkronisasi ke server Evernote.

Buat Draft di Dashboard

Menulis tidak harus saat itu jadi dan dipublikasikan. Saya pun juga membuat banyak draft di dasbor untuk mengamankan ide saya atau untuk mengamankan tulisan yang belum rampung. Karena untuk membuat tulisan yang bagus, tidak bisa dikerjakan dalam satu waktu, kadang malah lebih dari satu hari. Saya harus mempersiapkan gambar ilustrasinya terlebih dahulu dan membuat kerangka tulisan agar terlihat lebih rapi.

Itulah 5 cara mengamankan ide ngeblog versi Iskael. Sebenarnya masih banyak cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengamankan ide kamu sesuai kebiasaan. Jika kamu punya cara lainnya, silakan berbagi di kotak komentar :)

6 komentar:

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia