18 Jun 2015

3 Kiat Cerdas Sukses Wawancara Kerja

Banyaknya informasi mengenai loker 2015 menjadi sebuah informasi yang sangat bermanfaat bagi siapa saja yang tengah mencari pekerjaan. Informasi pekerjaan yang ditawarkan oleh sebuah pekerjaan bisa didapatkan dengan banyak cara. Mulai dari informasi yang disampaikan teman atau orang sekitar, melalui media cetak, dan juga media digital. Bagi pencari kerja, ketika mendapati lowongan yang spesifikasinya sesuai tentu akan mencoba mengajukan lamaran.

Tidak menutup kemungkinan satu orang mengirimkan lamaran pekerjaan ke beberapa perusahaan sekaligus. Sebab kesempatan untuk diterima di dalam satu perusahaan tersebut akan sama besarnya, dan bisa berlanjut ke tahapan seleksi sesuai ketentuan. Setiap perusahaan memiliki kriteria tersendiri dalam memilih calon kandidat yang tepat untuk mengisi lowongan yang ada. Salah satu langkah memilih kriteria ini ialah dengan tahapan wawancara untuk melihat secara langsung kecakapan pelamar.

3 Kiat Cerdas Sukses Wawancara Kerja

Pentingnya tahapan ini membuat banyak pencari kerja mempersiapkan yang terbaik untuk sesi tanya jawab dari pihak perusahaan. Tahapan ini memang cukup efektif bagi perusahaan untuk memilih kandidat paling tepat dan diberikan kesempatan untuk bergabung di dalam tubuh perusahaan. Tidak mengherankan apabila banyak pelamar yang sengaja melakukan persiapan istimewa untuk menghadapi sesi wawancara. Apabila Anda tengah dalam situasi demikian, maka bisa mencoba tipe persiapan wawancara agar lebih meyakinkan berikut ini:

1. Kunjungi Perusahaan Satu Hari Sebelumnya

Mengunjungi perusahaan disini bukan maksud datang sebagai tamu yang tidak diundang, namun lebih untuk mensurvey lokasi. Ketika mengajukan lamaran via pos maupun via online, jelas Kita tidak tahu persis letak perusahaan tersebut berdiri. Resikonya, adalah ketika akan wawancara ternyata salah alamat atau tersesat sehingga datang terlambat. Hal ini akan memberikan kesan Anda calon karyawan yang kurang disiplin, maka penting untuk survey lokasi terlebih dahulu dan bisa datang lebih awal atau minimal tepat waktu. Resiko terlambat tidak ada, dan bisa lebih siap untuk menjawab setiap pertanyaan yang diajukan untuk lebih percaya diri.

2. Menggunakan Baju Yang Rapi Dan Sopan

Ketika wawancara, pihak HRD perusahaan akan memberikan penilaian secara menyeluruh untuk calon kandidat yang mengirimkan lamaran. Termasuk dari cara berpakaian calon karyawan, apa yang Kita kenakan menjadi refleksi diri Kita. Ketika ingin memberikan kesan yang baik, terutama baik dalam keperluan pekerjaan, maka sebaiknya menggunakan baju terbaik saat wawancara. Bukan yang mewah maupun yang membuat pemakainya terlihat menarik, namun rapi, bersih, dan juga sopan. Pilih pakaian yang umum dikenakan oleh orang yang bekerja di kantor, seperti kemeja, sepatu kulit, dan lain sebagainya.

3. Menjaga Emosi Agar Tidak Gugup Atau Takut

Menghadapi orang yang tidak dikenal dan diketahui menjadi sosok yang menentukan masa depan Anda dengan perusahaan pilihan. Jelas akan memberikan perasaan tidak hanya canggung, namun bercampur pula dengan rasa takut, sungkan, dan lain-lain. Tidak pelak suasana hati demikian akan membuat Anda menjadi kurang bisa menelan dan memahami apa yang ditanyakan. Hasilnya jawaban yang diberikan akan jauh dari kata memuaskan. Sebaiknya kuasai diri dan emosi, untuk menjaga agar intonasi dan pikiran tetap jernih sehingga bisa menjawab pertanyaan dengan baik.

Wawancara menjadi salah satu jembatan untuk bisa menjadi karyawan di perusahaan pilihan, keinginan untuk lolos tahapan ini tentunya sangat besar. Apalagi untuk perusahaan yang tergolong bonafide yang akan memberikan jabatan dan penghasilan yang berharga. Besar atau tidaknya sebuah perusahaan tidak menjadi masalah, sebab semua pekerjaan adalah sama saja. Agar betah, maka selektif dalam menyaring informasi lowongan kerja terbaru yang ada.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia