27 Mei 2015

Tip Menyelengarakan Giveaway Dengan Sukses

Bagi para blogger, istilah giveaway memang merupakan hal yang sudah biasa. Istilah giveaway digunakan untuk menyebut sebuah kontes pada blog. Giveaway tidak hanya diselenggarakan oleh blogger-blogger terkenal saja. Blogger yang biasa-biasa saja terkadang juga membuat giveaway kecil-kecilan.

Giveaway tidak hanya menguntungkan bagi para pesertanya namun juga menguntungkan bagi si pemilik blog. Dengan adanya giveaway ,blog kita secara tidak langsung dipromosikan oleh para peserta yang ikut. Popularitas blog pun dapat bertambah. Dari giveaway ini kita juga bisa memperbanyak teman. Tak hanya itu, kita bisa memperbanyak backlink sehingga dapat mempengaruhi domain authority blog.

Tip Menyelengarakan Giveaway Dengan Sukses

Ternyata menyelenggarakan giveaway bukanlah perkara mudah. Terkadang giveaway tidak berjalan dengan lancar atau malah sedikit sekali perserta yang ikut. Tentu saja ini hal yang menyebalkan. Sudah susah-susah membuat giveaway malah yang daftar cuma sedikit. Tujuan menyelenggaran giveaway pun jadi tidak dapat tersalurkan dengan baik. Berikut adalah beberapa tip yang bisa kamu praktekkan jika hendak menyelenggarakan giveaway.

Membuat Peraturan yang Jelas

Salah satu hal yang sangat penting saat membuat giveaway adalah peraturan yang jelas. Jelaskan secara jelas Apa saja syarat yang dibutuhkan bagi para peserta yang akan mendaftar. Peraturan giveaway yang membingungkan akan membuat calon peserta tidak tertarik. Bahkan penyelenggaran pun akan kesulitan menemukan pemenang yang sesuai dengan kriteria.

Periode Giveaway Tidak Terlalu Cepat

Dalam menyelenggarakan giveaway disarankan tidak periode giveaway terlalu cepat. Setidaknya paling cepat dua minggu. Periode giveaway yang terllau cepat juga kurang menguntungkan bagi sang pengelenggara giveaway. Karena dikhawatirkan perserta yang ikutan hanya sedikit. Sedangkan bagi calon peserta kemungkinan juga tidak sempat mengikuti lomba.

Tema yang Menarik

Giveaway yang diselenggarakan biasanya berupa kontes ngeblog. Pilihlah tema yang menarik atau setidaknya bukan tema yang rumit. Sehingga peserta yang mendaftar bisa dari berbagai kalangan. Pemilihan tema yang rumit terkadang membuat para calon peserta tidak tertaik dengan giveaway yang diselenggarakan.

Menganjurkan Peserta Memasang Banner Giveaway

Sebagai penyelenggara giveaway tentu saja mengharapkan giveaway kita mendapat banyak peserta. Salah satu syarat yang bisa dimanfaatkan adalah dengan meminta peserta untuk memasang banner giveaway pada blog. Sehingga giveaway kita bisa terpromosikan di blog-blog peserta. Dengan adanya banner ini kita dapatmenarik perhatian calon perserta baru, yang sebelumnya tidak mengenal blog kita. Cara ini juga dapat menambah backlink ke blog penyelenggara sehingga kita mendapatkan keuntungan.

Hadiah Menarik

Hal yang membuat peserta mengikuti giveaway salah satunya karena mengincar hadiah dari giveaway tersebut. Jadi sebagai penyelenggaran giveaway kita juga haru memilih hadiah yang dapat menarik para calon peserta. Pemilihan hadiah pun disarankan menyesuaikan dengan tema blog. Misalkan kita membuat giveaway blog selfie kontes. Kita bisa memilih tongsis sebagai hadiahnya atau menambahkan hadiah lainnya sehingga menarik peserta.

Dengan beberapa tip di atas siapa tahu kamu bisa menyelenggarakan giveaway dengan sukses. Jangan lupa kalau sudah membuat giveaway, kita benar-benar memenuhi janji untuk mengirimkan hadiahnya. Karena ada beberapa blogger penyelenggara giveaway yang justru lupa dan tidak mengirimkan hadiah. Tentu saja kita tidak mau dicap sebagai blogger penipu. Maka dari itu menyelenggarakan giveaway harus direncanakan dengan matang.

1 komentar:

  1. Saya juga ada rencana bikin giveaway, so nyari referensi, salah satunya dapet di sini, makasih gan

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia