1 Mei 2015

Cara Memelihara Baterai Ponsel/Tablet

Detik ini, mempunyai ponsel adalah sebuah kewajiban. Padahal sepuluh tahun yang lalu, ponsel masih menjadi barang mewah. Saya ingat pertama kali saya mempunyai ponsel layar berwarna. Dan saat itu sudah wow. Seiring berjalannya waktu, ponsel makin canggih dan butuh daya untuk menyuplai fitur-fitur canggihnya. Jika dulu ponsel bisa bertahan 2-3 hari, kini ponsel hanya bisa bertahan dalam hitungan jam. Bertahan 10 jam saja rasanya sudah hebat.

Hal ini dipengaruhi oleh adalah fitur internet yang menguras sebagian besar proses yang terjadi dalam ponsel. Saat ini, apapun membutuhkan koneksi internet. Karena memang internet menjanjikan sesuatu yang lebih murah. SMS pun sudah tergantikan dengan chat, telepon juga sudah tergantikan dengan fitur free call yang ada di beberapa aplikasi chat seperti LINE, Skype, dan Whatsapp kabarnya juga mengikuti tren free call ini.

Dengan banyaknya fitur yang ada pada ponsel ini, tak jarang banyak pengguna yang mengeluh baterainya drop. Kadang malah ada baterai yang melembung (hamil). Fenomena ini disebabkan oleh kurangnya perhatian pengguna dalam pemakaian dan pemeliharaan baterai ponsel. Berikut ini adalah beberapa tip bagi kamu untuk memelihara umur baterai agar lebih awet. Saya sendiri mempunyai ponsel Samsung Galaxy Young yang saya beli pertengahan 2012 lalu dan awet hingga saat ini. Tentu hal ini karena pemakaian yang tidak sembrono.

Cara Memelihara Baterai Ponsel/Tablet

Meskipun tampilan ponsel saya sudah jadul dan ada banyak baret di layarnya (karena tidak saya pasang screen guard dan sering saya kantongi bersama kunci-kunci), namun kualitas baterainya masih prima. Hal ini karena saya memperhatikan cara pengisian baterai ponsel saya. Ada hal-hal yang harus dihindari agar baterai ponsel kamu awet, berikut ini poin-poinnya.

  1. Jangan lupa mencabut charger ketika pengisian baterai sudah penuh. Normalnya, untuk ponsel saat ini, 2 jam saja sudah penuh. Hal ini berdasarkan pengalaman mengisi baterai Samsung Galaxy Tab 3 Lite milik ibu saya. Ketika sudah 100% segera cabut. Kesalahan banyak orang adalah melakukan pengisian baterai ditinggal tidur. Sedangkan kemungkinan orang tidur adalah 4-8 jam. Sudah pasti kebiasaan ini membuat baterai kamu tidak tahan lama.
  2. Jangan menelepon saat kamu mengisi baterai. Ini adalah hal yang harus dihindari. Jika dalam kondisi parah, ponsel kamu bisa meledak. Jika tidak meledak, kondisi seperti ini akan membuat baterai kamu melembung.
  3. Jangan main game saat mengisi baterai. Sudah tentu ini sama halnya dengan poin kedua, namun masih tidak seberbahaya poin kedua.
  4. Jika bisa, matikan internet ponsel kamu ketika mengisi baterai. Dalam kasus ini yang paling disarankan adalah mematikan paket data. Jika kamu memakai koneksi WiFi, tidaklah seberapa masalah. Saya pernah mencoba ketahanan baterai saya antara memakai paket data dan WiFi. Jika paket data saya aktif, ponsel hanya bertahan sehari. Jika menggunakan WiFi bisa sampai 3 hari. Mematikan koneksi internet juga bisa mempercepat pengisian baterai.
  5. Jangan terlalu sering melalui tethering. Poin ini sangat sulit untuk saya tinggalkan. Karena tethering menurut saya lebih praktis daripada harus mencolok modem GSM terlebih dahulu. Namun, saya sarankan dikurangi aktivitas tetheting ini.
  6. Jangan memakai charger ponsel lain. Hal ini terlihat remeh, namun sangat signifikan. Setiap ponsel memiliki charger dengan daya masing-masing. Jika daya charger terlalu besar selisihnya dengan daya charger semula maka bisa berbahaya bagi baterai kamu. Jika terlalu kecil, pengisian akan lama. Pengalaman yang terjadi pada kakak ipar saya cukuplah menjadi bukti. Kakak ipar saya melakukan pengisian baterai tablet-nya dengan charger ponsel. Sekilas tidak masalah, namun beberapa bulan beli baterai sudah melembung.
Mungkin itulah 6 hal yang harus dihindari untuk memelihara baterai ponsel/tablet agar awet. Mungkin kamu juga mempunyai tip lainnya untuk memelihara baterai ponsel, silakan tinggalkan komentar. Akhir kata, semoga entri ini bermanfaat bagi kamu pengguna ponsel/tablet.

10 komentar:

  1. Poin 1 dan 6 sudah aku langgar, hasilnya... tablet jadi gemuk :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. disuruh diet aja ko :D
      biar ga gemuk lagi

      Hapus
  2. Aku sering bangett lupa cabut ponsel kalau sudah penuh. Zzzz

    Btw, Wasap emang sudah ada fitur free callny, Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kabarnya sih sudah ada
      aku bukan pengguna whatsapp, lebih suka pake LINE :D

      Hapus
  3. wah bagus nih mas....
    hapeku sudah mulai sering bocor

    BalasHapus
  4. 1 sama 6 dilanggar berkali-kali nih XD gimana dong?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, kalo udh terlanjur gpp.. Tp lain kali jangan diulamgi kesalahan itu, biar batere kita tahan lama... :D

      Hapus
  5. Harus diperhatikan nih, efek sering ngecas sambil mainan :D

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia