28 Mei 2015

5 Keuntungan Menjadi Food Blogger

Ngeblog memang kelihatannya aktiftas yang remeh. Kebanyakan orang memang meremehkan aktiftas ini. Tapi ternyata dibalik itu semua ngeblog adalah aktifitas menyenangkan. Bukan hanya sekedar menulis tanpa hasil saja, ngeblog adalah aktifitas yang dapat mendatangkan banyak manfaat. Sudah banyak blogger yang membuktikan bahwa ngeblog dapat membawa banyak keuntungan.

Menjadi seorang blogger kita tidak hanya mendapatkan kepuasakan batin saja. Bahkan materi pun bisa kita dapatkan dari menulis. Tidak heran banyak orang yang sekarang mulai berlomba-lomba untuk membuat blog dan mendulang materi dari kegiatan ngeblog.

5 Keuntungan Menjadi Food Blogger

Salah satu tipe blogger yang satu ini memang sudah mulai banyak menjamur. Food blogger adalah sebutan bagi para blogger yang fokus menulis tentang makanan. Entah itu resep-resp buatan sendiri atau pun mengulas makanan yang ada di sekitarnya. Menjadi food blogger memang menyenangkan. Bagaimana tidak, kegiatan makan adalah sesuatu yang rutin dikerjakan. Sehingga mereka punya lebih banyak bahan untuk ditulis. Makanan yang mereka makan tidak hanya mengenyangkan perut mereka tetapi juga bisa menjadi pundi-pundi materi. Berikut adalah keuntungan menjadi seorang food blogger.

1. Update Blognya Ditunggu-Tunggu

Entah kenapa tiap kali membaca entri dari seorang food blogger rasanya bikin ketagihan. Mungkin karena updatenya mengenai makanan-makanan enak disertai foto-foto yang menggugah selera. Tidak heran jika seorang food blogger memiliki banyak pembaca. Apalagi jika food blogger tersebut memang sering menulis tentang resep-resep makanan. Tentu saja bagi orang yang tidak bisa memasak, resep-resep yang mereka tulis sangat bermanfaat.

2. Mendapatkan Sampel Gratis Dari Sponsor

Sebagai food blogger tentu saja untuk mereview suatu makan tidak mungkin jika tidak mencicipinya. Sehingga jika ada suatu brand menawarkan job review tentu kita harus mengetahui rasa dari sampel dari produk tersebut. Terkadang brand tersebut akan mengirimkan sang food blogger sejumlah sampel makanan untuk direview. Dan akan dimintai testimoni yang positif. Tapi bisa juga brand tersebut hanya memberikan mentahnya saja lalu kita sendiri yang membelinya di toko terdekat. Contohnya nih suatu brand keripik singkong menawarkan kita untuk mereview makanannya. Dengan tawaran mendapat sejumlah keripik singkong. Tentu saja bagi seorang food blogger ini adalah hal yang menyenangkan.

3. Diundang Untuk Menghadiri Launching Rumah Makan Baru

Semakin berkembangnya dunia internet membuat para produsen merilik untuk mempromosikan usaha mereka di dunia maya. Salah satu yang kecripratan untungnya adalah para blogger. Banyak brand-brand yang tertarik untuk mengundang para blogger untuk menghadiri launcing produk mereka. Tentu saja ini merupakan sebuah keuntungan apalagi bagi food blogger. Terkadang mereka mendapatkan undangan makan gratis di rumah makan atau cafe yang baru saja buka. Lalu setelah menghadiri acara tersebut mereka akan diminta untuk menuliskan testimoni pada blognya. Cara ini memang cukup efektif untuk mempromisikan suatu produk. Bahkan saya sendiri kadang terpanncing untuk membeli suatu produk dari review sesama blogger.

4. Tema Blog Mudah Disukai Pembaca

Siapa yang tidak suka makan, tentu hampir semua orang suka makan. Tema tulisan food blogger memang sesuatu yang ringan. Jadi mudah sekali bagi para pembaca untuk menyukai tulisan mereka. Apalagi jika dalam artikel mereka menyertakan foto-foto yang mendukung. Tentu saja ini menjadi nilai plus bagi seorang food blogger.

5. Trafik Bisa Melejit Saat Bulan Puasa

Bulan puasa memang bulan di mana justru orang-orang lebih sedikit makan. Tapi faktanya blog-blog bertema makanan atau resep justru menjadi blog yang paling dicari. Ini disebabkan karena orang-orang berlomba-lomba untuk membuat masakan yang spesial untuk berbuka. Sehingga memang para food blogger bisa saja kebanjiran trafik pada bulan seperti ini. Apalagi jika blog mereka memang memuat resep-resep makanan yang orisinil bukan hasil copas.

Tidak hanya food blogger yang bisa mendapatkan keuntungan di atas. Blogger dengan tema yang lebih luas juga dapat memiliki kesempatan yang sama. Asalkan konten blog berkualitas maka para sponsor tidak akan segan-segan menawarkan kamu pekerjaan. Maka dari itu sebaikanya jika memulai kegiatan blogging memang tidak disarankan terlalu fokus mencari uang. Lebih baik menulis sebagus mungkin. Dengan begitu lambat laun uanglah yang akan mencari blog kita.

2 komentar:

  1. ide bagus, saya belom pernah nemu blog gituan, baru sibuk belajar bisnis, nyari duit dulu.

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia