14 Apr 2015

Meraup Rupiah melalui Blog

Siapa sangka banyak blogger yang menghasilkan pundi-pundi rupiah maupun dollar dari blog-nya. Mungkin ngeblog terkesan aktivitas yang iseng dan sekedar menghabiskan waktu kosong. Padahal jika ditekuni bisa menjadi pekerjaan utama dan bisa menghidupi keluarga.

Sangat banyak jika disebutkan satu per satu nama-nama orang yang sukses meraih keuntungan melalui blog-nya. Mulai dari mendapatkan uang, gadget, hingga hadiah liburan ke luar negeri yang didapatkan dari aktivitas ngeblog.

Namun, tak sedikit pula orang yang terkecoh dengan pemikiran instan. Dipikirnya dengan ngeblog beberapa hari langsung menghasilkan uang. Sayangnya, Tuhan itu Mahaadil, Dia tak kan memberikan sesuatu dengan instan, harus melalui proses yang tidak sedikit menyakitkan dan harus jatuh bangun sebelum berhasil.

Kebanyakan orang berhenti sebelum benar-benar merasakan hasil dari aktivitas ngeblog. Banyak orang yang sudah lama ngeblog, namun belum menghasilkan apa-apa. Hal ini karena dia lupa bahwa ngeblog tidak hanya sekedar menulis. Ngeblog yang produktif membutuhkan penguasaan terhadap beberapa kemampuan. Contohnya, kemampuan menulis yang bagus, kemampuan mempromosikan blog, kemampuan menyebar tautan, kemampuan bergaul dengan sesama blogger, dan masih banyak lainnya.

Karena uang tidak datang dengan sendirinya, maka ngeblog pun butuh kemampuan untuk mencari celah dalam menghasilkan uang melalui blog. Berikut ini adalah beberapa tahap yang saya lakukan untuk mendapatkan uang dari blog.

Langkah Mendapatkan Uang Melalui Blog

Mungkin ada beberapa langkah yang saya sampaikan ini bisa kamu loncati/abaikan. Semua sesuaikan dengan keadaan dan kemampuanmu. Setidaknya ada 5 langkah saya dalam menghasilkan uang melalui blog, antara lain:

  1. Untuk menghasilkan uang melalui blog, pastikan orang percaya bahwa kamu serius mengurusi blog kamu. Salah satu tanda keseriusan mengurusi blog adalah dengan membeli domain TLD untuk blog kamu. Meskipun hosting masih memakai Blogger, namun jika sudah memiliki domain sendiri, maka orang akan menganggapmu serius.
  2. Salah satu parameter keseriusan lainnya adalah jumlah entri blog kamu, tentunya dengan kualitas tulisan yang bagus juga. Jika kamu mampu menulis setiap minggu minimal satu entri, maka hal itu sudah terhitung kamu serius dalam mengurusi blog.
  3. Pilihlah template yang bagus untuk blog kamu. Jika perlu, kamu bisa membeli atau memesannya ke jasa pembuat template. Jika kamu melihat template blog ini, tentu sangat unik dan tidak ada yang punya template sama dengan blog ini. Karena memang saya membuatnya sendiri. Saya juga membuka jasa untuk pembuatan template Blogger. Template ini juga sangat menentukan apakah blog kamu terlihat profesional atau cuma blog dummie (main-main).
  4. Setelah ketiga itu terpenuhi, kamu sudah bisa memonetasi (menghasilkan uang dengan) blog kamu. Salah satu caranya adalah bergabung dengan agensi periklanan. Banyak sekali agensi periklanan, misal yang paling terkenal adalah Google AdSense. Namun, Google AdSense ini mempunyai standar yang tinggi. Saya daftar berkali-kali di Google AdSense, namun ditolak. Salah satu agensi periklanan alternatif lainnya yang Indonesia banget adalah UpToPromo.
  5. Setelah mendaftar UpToPromo, pasang iklan di blog kamu sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh pihak UpToPromo. Jika sudah berhasil memasang, terus update blog kamu dengan artikel-artikel yang menarik agar semakin menambah pengunjung yang datang. Semakin banyak pengunjung, maka semakin besar pula kemungkinan iklan yang kamu pasang diklik dan kamu mendapatkan penghasilan dari hal itu.

Lima langkah tersebut memang terkesan sederhana, namun berat jika tidak dijalani dengan sungguh-sungguh. Banyak blogger yang akhirnya putus di tengah jalan karena kurang bersabar menghadapi fase-fase berat untuk menjadi blogger yang berhasil meraup rupiah dari blog. Namun, tidak jarang juga yang berhasil karena memang ada kemauan dan usaha yang besar. Kamu tertarik? Selamat mencoba :)

12 komentar:

  1. Waktu pertama kali dengar UpToPromo, aku sempat tertarik, John. Terus kan aku lihat-lihat webnya, dan mencoba memahami intruksinya. Tapi kok aku gak paham. Ada istilah-istilah di situ yang aku nggak tahu itu maksudnya apa. Misalnya, kita diintruksikan memasukkan kode ke xxx (aku lupa istilahnya). Nah, sampai di situ aku bingung. Ini maksudnya dimasukkan kemana ya?

    Malah, dulu, waktu aku lihat webnya pertama kali, laman FAQ-nya kalau nggak salah menggunakan bahasa Thai. : )

    Jadi, meski sempat tertarik, akhirnya batal di tengah jalan. Btw, kamu juga pakai UpToPromo? Kalau pakai, share pengalamannya dunk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga udah daftar UpToPromo
      hanya saja aku terganjal di step memasukkan iklan melalui upload file di server
      gimana cara nguploadnya coba, wong aku pake Blogger :D
      kayaknya sih UpToPromo belum support buat Blogger, Hoed
      kalo pake WP Self-hosted, Joomla, atau blog yang pake hosting sendiri bisa
      tunggu aja nanti, pasti ada support buat Blogger
      lah wong dulu halaman FAQ-nya bahasa Thai, sekarang kan udah ada Bahasa Indonesia-nya :)

      Hapus
    2. Naaah, itu yang aku maksud, John. "upload file di server". Kalau gak salah, ada juga istilah "root" atau apa gitu, yang juga aku gak paham apa maksudnya.

      Ooh, jadi itu ditujukan ke blog yang pake WP self-hosted ya? Baru paham. Pantesan kita yang pake blogspot jadi bingung. :D

      Hapus
    3. iyah, awalnya aku juga mikirnya pake Blogger bisa
      tapi aku cari2, eh emang masih ga ada buat Blogger

      Hapus
  2. tips yang bermanfaat kak

    BalasHapus
  3. Kayaknya perlu pesan template dimari nih. Biar unik. . .. :D

    BalasHapus
  4. kalau saya masih pakai adsense, tapi belum pernah cair :(

    BalasHapus
  5. Benar gan, sederhana tapi sebenarnya berat prosesnya

    BalasHapus
  6. Wah makasih gan infonya.. Sangat bermanfaat. Lumayan, dpt pencerahan ttg blog ...

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia