Featured Post

Membuat Tutorial Lebih Mudah dengan Preview OS X Yosemite

Kabar gembira untuk kamu pengguna perangkat Mac yang hobi ngeblog. Pasalnya setelah update sistem operasi terbarunya, OS X Yosemite, aplikasi Preview kini memiliki beberapa fitur tambahan yang sangat membantu kamu dalam membuat tutorial blog.

Jika dahulu kamu membuat tutorial langkah-langkah masih menggunakan Adobe Photoshop, kini kamu cukup menggunakan Preview. Lebih sederhana dan tentunya menghemat waktu.

Mungkin kamu sudah penasaran fitur baru apa saja yang bisa meningkatkan produktivitas kamu dalam membuat tutorial blog. Berikut ini adalah fitur-fiturnya.

Fitur Aplikasi Preview di OS X Yosemite

Dua fitur yang menurut saya paling keren adalah simple lightbox area dan simple zooming area. Mungkin kamu penasaran dengan maksudnya. Simple lightbox area adalah penentuan area yang penting dalam sebuah screenshot tutorial, selainnya maka digelapkan. Berikut ini adalah contohnya.

Simple Lightbox Area

Dengan fitur ini kamu bisa memusatkan fokus pembaca dalam memahami tutorial yang kamu berikan. Fitur selanjutnya adalah simple zooming area. Simple zooming area adalah membuat area tertentu sengaja diperbesar untuk memperjelas atau penekanan. Hampir sama fungsinya dengan simple lightbox area, yaitu memfokuskan pembaca. Berikut ini adalah contohnya.

Simple Zooming Area

Bagaimana? Menarik bukan. Kini kamu tak perlu susah-susah membuka Adobe Photoshop untuk melakukan dua hal tersebut. Tinggal klik dan atur sesuai kebutuhanmu.

Pasti kamu juga penasaran bagaimana caranya? Yang pertama adalah pilih satu foto yang akan kamu edit. Lalu buka foto tersebut dengan Preview. Setelah itu klik pada ikon "Markup Toolbar". Berikut ini adalah contohnya.


Selain dua fitur tersebut, sebenarnya masih banyak lagi fitur Preview lainnya yang mempermudah kamu untuk ngeblog. Selamat mencoba dan bereksperimen :)

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments

Post a Comment