10 Okt 2014

Tip Membuat Blog Ber-niche Puisi

Bagi sebagian orang membuat blog itu bukanlah hal yang main-main. Membuat blog kadang seperti membangun sebuah rumah. Harus ada konsep, dana, dan pekerjanya. Ini untuk blog yang biasanya dikomersialkan atau setidaknya menjadi sebuah komoditas yang bisa diperjualbelikan.

Dalam entri kali ini saya akan berbagi tip dan cara membuat blog ber-niche puisi. Karena ini niche yang agak berat untuk dijalankan, tidak semua orang mampu membuat puisi. Sebagian orang mencoba melegalkan yang ilegal dengan copas sana sini puisi orang lain. Hal itu bukanlah solusi yang tepat, karena sangat terkesan murahan.

Berikut ini adalah tip membuat blog ber-niche puisi yang terdiri dari beberapa langkah. Yuk ikuti!

Mencari Keyword Turunan dari Puisi

Hal yang pertama harus dilakukan adalah mencari kira-kira kata kunci turunan apa  saja yang relevan dengan puisi. Berikut ini saya menggunakan perangkat online yang bernama Keyword Shitter. Kamu bisa mengunjunginya di sini dan langsung mempraktikkannya. Masukkan kata "puisi" dalam kotaknya lalu klik "Start Job". Jika dirasa sudah cukup, klik "Stop Job".

Keyword Shitter

Dari kata kunci "puisi" maka akan menghasilkan turunan puisi cinta, puisi romantis, puisi perpisahan, dst. Nah dari sini kamu bisa tahu puisi apa yang sering dicari di Google.

Memilih Nama Domain untuk Blog Puisi

Memilih nama domain juga sangat berpengaruh dalam pencarian Google. Jika kamu memilih nama domain yang menembak kata kunci, itu sangat bagus. Namun sayangnya biasanya sudah dipesan oleh orang lain. Misal kumpulanpuisi.com, puisicinta.com, atau puisiromantis.com pasti sudah dimiliki oleh orang lain.

Biasanya saya akan melakukan brainstorming dalam memilih nama domain. Saya lebih suka memilih nama domain yang unik namun familiar di telinga. Misalkan domain intikali.org dan iskael.com. Domainnya unik, tapi kamu mungkin sangat familiar dengan nama tersebut, 'kan?

Beberapa bulan yang lalu saya juga sempat membuat blog dummy (karena masih belum saya seriusi) tentang puisi cinta, puisi galau, dan puisi perjuangan. Saya melakukan brainstorming dan menemukan nama domain yang unik, yaitu Mukacina. Mengapa Mukacina? Ini sebenarnya merupakan selewengan kata Mocaccino. Mukacina sangat terdengar unik dan familiar, 'kan? Muka yang mirip orang Cina.

Untuk kamu yang penasaran dengan blog Mukacina buatan saya, bisa kunjungi di tautan Kumpulan Puisi Mukacina. Entrinya masih 3 buah dan belum saya teruskan lagi.

Tip Membuat Puisi yang Bagus

Langkah selanjutnya adalah mengisi konten blog. Dengan slogan konten adalah raja, maka sebagus apapun desain sebuah blog, jika kontennya tidak bagus tetap saja dikatakan blog tersebut jelek. Membuat konten tidaklah mudah. Untuk itu kamu perlu beberapa tip dalam membuat konten, khususnya dalam kasus ini tentang puisi.

Berikut ini adalah beberapa tip membuat puisi yang bagus berdasarkan pengalaman pribadi. Mungkin bagi kamu yang sudah jago membuat puisi, kamu bisa langsung ke poin berikutnya.

1. Amati, Tiru, Modifikasi Puisi Orang Lain

Dalam membuat puisi juga perlu ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). Namun perlu diingat, hasil dari ATM yang kamu lakukan pastikan tidak terlihat masih sama dengan puisi yang kamu tiru. Jika masih sama, maka kamu gagal. Puisi tersebut tidak layak untuk dipublikasikan karena bisa digugat oleh pembuatnya.

Untuk lebih aman, amati bagaimana konsep atau tema yang dibawa oleh puisi yang kamu tiru. Lalu buatlah dengan versimu.

2. Siapkan Kamus Bahasa Indonesia

Karena puisi kamu berbahasa Indonesia, pastikan kamu tidak memilih diksi yang salah. Sangat lucu jika kamu membuat puisi, kata-kata yang dipilih spektakuler namun ternyata tidak pas dan makna dalam konteks yang berbeda.

Setiap sinonim belum tentu dapat digunakan dalam kasus yang sama. Misalkan saja kata "labil" sangat cocok apabila dipadakan dengan "jiwa", namun sangat aneh jika disandingkan dengan "ekonomi". Bayangkan kalimat "jiwa yang labil" dengan "labil ekonomi". Sangat jauh, 'kan?

3. Jatuh Cinta, Inspirasi Terbaik

Orang yang jatuh cinta akan mendadak menjadi pujangga. Saya merasakan sendiri bagaimana jatuh cinta itu membawa efek yang drastis dalam intuisi. Membuat puisi ketika jatuh cinta jauh lebih mudah dibandingkan ketika dalam keadaan tidak jatuh cinta.

Pengalaman saya, kata-kata yang terpilih dalam puisi saat jatuh cinta lebih pas dan mengena. Yang paling keren lagi saat jatuh cinta adalah kamu mendadak mampu membuat puisi yang penuh dengan kode. Tidak percaya?

4. Sedih dan Galau, Sang Pemberi Inspirasi

Dalam sebuah kesedihan dan kegalauan, biasanya manusia akan sangat mudah untuk mengeluh. Eluhan-eluhan inilah yang bisa dijadikan sebuah puisi. Ketidakmasukakalan orang yang galau dan sedih akan membawa inspirasi baru dalam membuat puisi. Misalkan kesedihan seorang karena ditinggal oleh kekasihnya.

5. Bertanyalah atau Carilah Orang yang Jatuh Cinta, Sedih, atau Galau

Jika kamu tidak mengalami jatuh cinta, sedih, maupun galau; bertanyalah kepada orang-orang tersebut mengenai apa yang mereka rasa. Atau jika malas bertanya, kamu bisa mencari cerita-cerita nyata menyedihkan melalui Google. Rasakan dan berperanlah seolah-olah kamu yang mengalaminya.

Cara tersebut akan membuatmu terbawa emosi lalu dengan mudahnya akan bisa membuat puisi mengenai jatuh cinta, kesedihan, dan kegalauan yang tiada akhir.

Dengan kelima poin di atas, setidaknya kamu sudah mempunyai bekal untuk membuat puisi yang bagus. Selamat mencobanya :)

Tip Mengolah Konten: Pembuka dan Penutup

Untuk artikel ber-niche puisi, sangat memungkinkan densitas kata kunci dalam entri tersebut sangatlah sedikit. Jadi, perlu adanya tindakan untuk menambah densitas kata kunci dengan cara membuat kalimat pembuka dan kalimat penutup. Silakan tiru apa yang ada di Mukacina.

Ulangi beberapa kata kunci yang akan kamu tembak di kalimat pembuka dan penutup. Buatlah kata pembuka yang apik sehingga pengunjung tidak sadar bahwa sebenarnya kata pembuka itu menembak kata kunci.

Untuk menambah kekuatan konten, kamu bisa memasukkan gambar ilustrasi yang menggambarkan isi dari puisimu. Hal ini sangat berguna untuk pencarian gambar di Google. Untuk mendapatkan gambar dari Google dengan gratis dan tidak melanggar hak cipta, kamu bisa pelajari di sini: Cara Mendapatkan Gambar Gratis di Google.

Pilih Template Blog yang Sederhana dan Responsif

Untuk blog puisi biasanya pengunjung kebanyakan berasal dari pengguna ponsel. Untuk itu saranku gunakan template blog yang sederhana, ringan, responsif. Banyak sekali template blog yang responsif di pencarian Google.

Tingkatkan Trafik Blog dengan Membagikan di Media Sosial

Jika semua sudah kamu lakukan, jangan lupa untuk membagikannya melalui media sosial seperti Facebok, Twitter, Google Plus, dan lain-lain. Untuk efektivitas berbagi, bergabunglah dengan komunitas pecinta puisi di Facebook atau media sosial lainnya.

Saya kira itulah tip membuat blog ber-niche puisi yang bisa saya sampaikan. Segala sesuatu hanyalah tetap menjadi teori sebelum dilaksanakan. Untuk itu perlu adanya tindakan yang nyata untuk mencapai sebuah keberhasilan. Selamat mencoba :)

9 komentar:

  1. Siap bersaing di search engine nih kayaknya kalau mempraktekkan cara ini. Tapi keyword puisi apakah banyak dicari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba saja cek di Keyword Planner, setahuku sih lumayan banyak pencarinya :)

      Hapus
  2. wah ane ada planning bikin konten berbau begituan hehehe thx gan

    BalasHapus
  3. mas cara kalau saya posting puisinya ambil dari fb apa itu nanti di cap sebagai plagiat oleh google

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin bisa dicap plagiat
      tapi, coba aja dulu

      Hapus
  4. Mas blog saya sudah di sisipkan adsense, boleh di promosikan ke facebook ngak :( saya selalu mendapat masukan yang serba bertolak belaka. bingung harus percaya yang mana :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu saya ga masalah diporomosikan di FB
      banyak yang melakukan itu

      Hapus
  5. Terimakasih atas tipsnya gan.. Saya juga menulis di blog niche puisi. Kebanyakan tulisan sendiri yg lama tersimpat dibuku. Salam kenal by Puisi Lokal

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia