Featured Post

Cara Follow Website di Akun WordPress.com

Seperti halnya Blogger, WordPress.com merupakan layanan ngeblog yang juga populer di mata pengguna internet. Kebanyakan orang yang menggunakan WordPress.com adalah orang yang suka menulis dan tidak seberapa peduli dengan kode-kode HTML.

Hal ini diketahui bahwa WordPress.com sengaja mengunci fitur edit HTML di tema WordPress yang disediakan. Pengguna hanya bisa memilih tema yang sudah disediakan dan hanya bisa mengganti beberapa preferensi saja, tidak seperti Blogger.

WordPress.com sengaja melakukan pembatasan ini karena dia sudah menyediakan framework WordPress yang bisa dipasang di hosting sendiri. Tidak sedikit website profesional di dunia ini yang menggunakan framework WordPress. Namun, jika kamu adalah pemula dalam ngeblog, saya sarankan pakailah WordPress.com jangan WordPress yang diinstal di hosting sendiri. Mengapa demikian? Karena banyak sekali hal yang harus kamu urus dan bayar. Takutnya, malah kebingungan dengan masalah yang muncul hingga lupa untuk menulis.

Kembali ke topik inti. Di WordPress juga menyediakan fitur follow layaknya Blogger. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengikuti update dari website yang kamu sukai tanpa harus mengunjungi website tersebut. Kamu bisa memantaunya melalui dasbor milik WordPress.com. Berikut ini adalah cara follow website di akun WordPress.com.

Cara Follow Website di Akun WordPress.com

Pertama, bukalah alamat www.wordpress.com. Jika kamu sudah mempunyai akun di WordPress.com, biasanya kamu akan disuruh untuk login terlebih dahulu. Jika kamu dalam keadaan login kamu akan dibawa ke halaman utama, yaitu "Reader".

Untuk menambahkan daftar website yang akan kamu follow, klik "Blogs I Follow" (lihat gambar di bawah ini).


Setelah itu kamu akan dibawa ke halaman "Edit Blogs I Follow". Ketik alamat website yang ingin kamu follow. Kemudian klik "Follow". Jika masih tidak berhasil, alamat yang harus kamu masukkan adalah alamat RSS dari website tersebut. Hal ini pernah terjadi di beberapa website saja.


Setelah itu akan muncul daftar website yang baru saja kamu follow, seperti gambar di bawah ini.


Selanjutnya melakukan pengecekan. Kembalilah ke halaman "Reader". Kamu akan menemukan notifikasi baru berwarna jingga bertuliskan "4 new posts".


Klik notifikasi jingga tersebut, maka akan keluar update terbaru dari website yang baru saja kamu follow.


Kamu bisa menambahkan website-website lainnya untuk kamu follow. Caranya sama. Bagaimana? Mudah bukan? Selamat mencoba :)

Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments

  1. Jiaah, langsung jadi post. Salut! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, soalnya biasanya apa yang kamu tanyakan jadi post laris :D
      coba liat di entri populer blog ini, itu kan juga hasil dari pertanyaanmu, Hoed :)

      Delete
  2. Rugi yah kalau langsung dibaca di Reader, kan iklannya ga muncul :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga rugi-rugi amat sih, asal feed-nya diatur tampil sebagian
      jadi tidak semua bagian dari artikel terbaca, dan bikin penasaran
      yang rugi kalo feed-nya diatur penuh :D

      Delete
    2. Iya harus disetting Summary hee, soalnya setting default Full text.

      Delete
    3. iya sih emang, di Blogger juga default-nya adalah Full text

      Delete
  3. aku justru milih follow blog via sosmed seperti fb/twitter/g+

    ReplyDelete
  4. Makasih untuk artikelnya, saya pas banget nemu kendala ini

    ReplyDelete

Post a Comment