7 Sep 2014

Cara Mengatasi Error 404 Domain Tanpa WWW

Mengatur pengalihan domain di Blogger adalah perkara yang gampang-gampang susah. Gampang apabila terbiasa dan sering melakukan pengaturan. Namun, sulit saat pertama kali mengubah alamat blog ke domain level atas (TLD).

Banyak sekali orang yang kesulitan dan enggan mengatur hal-hal seperti ini. Hingga karena saya sering ditanya mengenai hal ini, saya pun membuka jasa pengaturan domain dan subdomain di Blogger serta fasilitas kustom email juga.

Saya sih sebenarnya ikhlas-ikhlas saja membantu orang yang kebingungan, cuma karena yang tanya terlalu banyak, akhirnya saya buat jasa saja. Karena jika hanya dibuat tutorial, kadang orang pun masih belum paham.

Nah kali ini saya akan berbagi tip mengatasi Error 404 yang terjadi akibat tidak menggunakan "WWW" di depan URL blog. Saya pun biasanya juga sering lupa dalam mengatur domain. Saya sadar ketika saya mengakses blog saya tanpa "WWW" dan bertemu halaman Error 404.

Google Error 404

Jika ternyata blog kamu juga mengalami hal demikian, maka cara ini harus kamu lakukan.

Cara Mengatasi Error 404 Domain Tanpa WWW

Pertama, silakan kamu login di akun Blogger kamu. Setelah itu klik di bagian tab "Setelan" kemudian pilih "Dasar". Setelah itu gulir hingga kamu bertemu dengan "Penerbitan". Pada "Penerbitan", lihat bagian "Alamat blog" lalu klik "Edit".

Pengalihan domain

Pada "Setelan domain pihak ketiga", centang "Alihkan domainkamu.com ke www.domainkamu.com". Setelah itu, klik "Simpan". Kemudian, cek blog kamu dengan URL tanpa "WWW".

Jika masih terjadi Error 404 biasanya hal itu disebabkan oleh DNS Cache di komputer kamu. Jika diakses di komputer lain maka Error 404 tidak muncul lagi. Maka hal yang harus kamu lakukan adalah mereset cache DNS. Caranya? Kamu bisa cari di Google. Karena setiap sistem operasi caranya berbeda-beda.

Bagaimana? Mudah, 'kan? Selamat mencoba :)

16 komentar:

  1. Tipsnya singkat, padat, dan jelas banget sob. Ini sangat bermanfaat buat temen-temen blogger yang baru ganti domain :D

    BalasHapus
  2. selain itu masih setting di Cpanel atau Spanel bro...semoga bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang
      tentu saja harus diatur CNAME-nya di Cpanel
      artikel di atas hanya untuk mengatasi error tanpa www di Blogger

      Hapus
  3. cuma setting bagian itu aja yah.. mmhh.. gampang bgt ternyata yah

    BalasHapus
  4. terima kasih peringatannya.
    ada kalanya saya lupa untuk beri centang :v

    BalasHapus
  5. Pengalaman saya, saat kita buat subdomain terus sub dipasang saat itu juga domain utama langsung not found alias tanpa www. Perbaikinya ya seperti materi agan diatas.

    BalasHapus
  6. beberapa kali musti bersihin cache dns, untung ada perangkat lain, jadi bisa cek tampilan terkini yg bener yg mana, masih error ga

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah susah yo kalo harus punya banyak perangkat :D

      Hapus
  7. Lumayan susah, tapi lanjut nih....

    BalasHapus
  8. thx banget gan cara yg simple tapi dampaknya besar, setelah di ubah setingannya sesuai di atas web ane jd ada penambahan pengunjung :D thx for share.. jgn lupa kunbal www.speedydermayu.web.id

    BalasHapus
  9. Baru tahu informasi ini, sangat bermanfaat sekali meskipun tips-nya terbilang sederhana tapi sangat membantu. Terima kasih gan..

    BalasHapus
  10. Penjelasan seperti di atas belum pernah saya coba..yang biasa saya pakai adalah mengalihkan URL yang tidak diketemukan dengan alamat yang sebenarnya. Apa penjelasan di atas bisa bekerja ya gan..??

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia