Featured Post

Menghitung Kelipatan Persekutuan Kecil (KPK) dengan JavaScript

Di zaman SD dulu, tentu saja kamu pernah tahu mengenai KPK. Apa itu KPK? KPK di sini bukan Komisi Pemberantasan Korupsi, namun Kelipatan Persekutuan Kecil. Misal ada dua bilangan yaitu 9 dan 12, maka KPK-nya adalah 36.

Dari mana hasil 36 ini? 36 berasal dari kelipatan 9 dan kelipatan 12 yang terkecil. Karena bisa saja kelipatan 9 dan 12 adalah 72, 144, dan sebagainya. Namun, yang paling kecil adalah 36. Saya yakin, kamu sudah paham mengenai hal ini sejak SD.

Berikut ini adalah program menghitung KPK yang saya buat menggunakan JavaScript. Selamat mencoba :)

Menghitung Kelipatan Persekutuan Kecil (KPK) dengan JavaScript

Program ini menggunakan operator modulo. Untuk mendapatkan KPK dari dua bilangan, saya melakukan perulangan dari 1 hingga jumlah dari perkalian bilangan pertama dan kedua. Setelah itu setiap perulangan saya modulokan dengan angka pertama maupun angka kedua. Jika hasil modulo dari kedua bilangan tersebut adalah 0, maka perulangan berhenti. Lalu diperolehlah angka dari perulangan tersebut menjadi KPK-nya.

Jika kamu masih belum paham dengan penjelasan di atas, kamu bisa melakukan inspect element terhadap program yang saya buat. Berikut ini adalah pseudo code dari algoritma untuk menghitung KPK dua bilangan.

Cek di sini untuk melihat program KPK buatan saya.

Algoritma Mencari KPK Dua Bilangan


input m, m2; //m = bilangan pertama, m2 bilangan kedua
var a, b, c = m*m2, d;
for( i = 1; i <= c; i++ ) {
a = i%m;
b = i%m2;
if ( a == 0 && b == 0 ) {
d = i; // hasil KPK
break;
}
}
print d;


Mungkin Kamu Juga Suka...

Comments

  1. Mantap nih kang istilah kipatan persekutuan kecil nya. he,, he,, he,,,,

    Salam

    ReplyDelete

Post a Comment