14 Sep 2014

Cara Mudah Menerbitkan Google Docs ke Entri Blog

Bagi pengguna layanan Google, selain bisa mendapatkan email gratis, kamu juga bisa menikmati fitur lainnya. Salah satunya adalah Blogger, layanan untuk ngeblog. Tak hanya itu, ada layanan milik Google yang sedang digandrungi oleh pecinta gratis dan pekerja yang tidak sendirian dalam sebuah projek menulis. Sebut saja, Google Docs. Google Docs adalah salah satu layanan gratis dari Google yang memudahkan kamu untuk membuat dokumen seperti layaknya di Microsoft Word.

Karena layanan Google Docs bersifat gratis, tentu saja ada keterbatasannya. Namun, justru Google Docs ini digandrungi oleh banyak pekerja yang berkerja secara tim. Jika dengan Microsoft Word hanya bisa diedit oleh satu orang, Google Docs bisa diedit dengan banyak orang. Bahkan, Google juga menyediakan fitur chat dalam Google Docs. Menarik, kan?

Jika dibandingkan dengan SkyDrive, saya masih lebih memilih menggunakan Google Docs. Alasannya adalah karena Google Docs bisa digunakan untuk kerja tim dan dalam waktu yang bersamaan di dokumen yang sama, sedangkan SkyDrive tidak bisa.

Berikut ini adalah cara mudah menerbitkan Google Docs yang sudah kamu buat ke blog kamu. Gunanya untuk apa? Hal ini berguna agar kamu tidak bekerja dua kali. Jika kamu hobi menulis, tentu saja kamu ingin mengarsipkan tulisanmu di sebuah dokumen. Namun, suatu saat kamu ingin agar orang lain membacanya. Nah, dengan cara ini kamu tidak perlu lagi menulis ulang/memperbaiki di dua tempat jika kamu merevisi tulisan kamu. Kamu hanya perlu merevisinya di Google Docs, lalu secara otomatis akan diperbarui di blog kamu. Bagaimana caranya? Penasaran, 'kan?

Cara Mudah Menerbitkan Google Docs ke Entri Blog

Cara menerbitkan dokumen yang ada di Google Docs konsepnya adalah embed atau penyematan iframe. Namun, tidak begitu saja menyematkan iframe. Kamu harus mengatur privasi dari dokumen kamu. Hal ini dilakukan oleh Google untuk pengamanan dokumen. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Pertama, buatlah sebuah dokumen di Google Docs. Jika dokumen itu sudah tersedia, langkah selanjutnya adalah mengatur privasi dokumen hingga ke publikasi. Klik "File" lalu pilih "Publish to the web...".

Publish on the web

Kemudian akan muncul jendela popup seperti di bawah ini. Klik "Start publishing".

Start publishing

Setelah itu, akan muncul jendela popup berikutnya yang berisi mengenai kode penyematan dokumen Google Docs.

Embed code

Salin dan tempel kode yang berada pada area teks "Embed code" ke editor entri blog kamu. Untuk mempercantik tampilan iframe-nya, tambahkan sedikit kode CSS berikut ini.

style="width:598px;height:400px;border:1px solid #ccc;"

Sehingga kode penyematan menjadi seperti di bawah ini.

<iframe style="width:598px;height:400px;border:1px solid #ccc;" src="https://docs.google.com/document/d/10CC_pAc3VQ7ZYKsMOL1lFOi7bnM7sxuASJZlb8ATf0I/pub?embedded=true"></iframe>

Sangat mudah sekali, 'kan? Kamu juga bisa mengganti ukuran iframe nya dengan mengganti "width" dan "height"-nya. Berikut ini adalah demo dari kode di atas.



Menerbitkan Google Apps Lainnya di Entri Blog

Begitu juga dengan Google Apps lainnya, seperti Google Apps Presentation, Spreedsheet, dan Drawing. Caranya juga sama. Silakan adaptasikan sendiri. Selamat mencoba :)

6 komentar:

  1. Kalau pakek iframe rasanya kurang enak juga Mas.. ^_^
    Tapi saya sering juga pakek google drive ini untuk nyimpan data.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang dari sananya dapetnya iframe
      beda lagi kalo Google Docs yang source, dapetnya beneran file asli
      misal untuk kode CSS atau JavaScript
      kalo saya daripada naruh di Google, mending saya taruh di hosting sendiri
      enak banget kalo mau ngedit, tinggal pake FileZilla

      Hapus
  2. ini fitur yang terlupakan, biasanya kan orang lebih memilih embed foto, video

    BalasHapus
  3. kalau untuk embed chart ada ngga mas googlenya??

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia