2 Sep 2014

Cara Mudah Menyimpan Profile Banner Twitter

Jika kamu melihat akun Facebook seseorang, selain foto kamu juga bisa melihat cover yang dipasang. Nah, jika di Facebook dikenal dengan nama cover, di Twitter dikenal dengan nama profile banner.

Terkadang saat mengunjungi akun Twitter seseorang, terbersit keinginan untuk menyimpan profile banner dari akun tersebut. Misal karena profile banner akun tersebut unik atau mungkin bagus dan layak untuk disimpan.

Baca juga: Cara Mudah Menyimpan Foto dari Instagram

Namun, ternyata profile banner Twitter tidak bisa disimpan dengan cara biasa, yaitu klik kanan lalu pilih menu "Save Image As...". Hal inilah yang membuat salah satu teman Twitter saya menanyakan hal ini. Berikut adalah tweet teman saya menanyakan hal ini.


Saya pun awalnya bingung dengan maksud header Twitter itu apa. Namun, setelah saya cerna lagi mungkin maksud yang paling mendekati adalah cover header yang berada di profil Twitter. Ternyata setelah saya cari, Twitter menamakan hal itu bukan cover, tapi profile banner.

Baiklah, langsung ke topik pembahasannya. Berikut ini adalah cara mudah menyimpan profile banner Twitter.

Cara Mudah Menyimpan Profile Banner Twitter

Pertama, kamu kunjungi profil akun Twitter yang akan kamu ambil profile banner-nya. Dalam kasus ini saya akan mengambil profile banner milik @noffret.

Twitter @noffret

Misinya adalah bagaimana menyimpan gambar orang berpayung tersebut dengan resolusi asli ketika diunggah dengan kualitas terbaik. Jika kamu mencoba untuk klik kanan, maka tidak akan ada pilihan untuk menyimpan gambar. Lalu, apa yang harus dilakukan?

Selanjutnya, tekanlah tombol "Ctrl U" (untuk pengguna Mac, ganti Ctrl dengan Command). Shortcut tersebut untuk mengeluarkan Page Source. Setelah itu tekan "Ctrl F" untuk mencari kata kunci dalam kumpulan kode di Page Source. Setelah itu ketikkan "pbs". Maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.

Penting: Jika kamu dalam kondisi login Twitter, kode tersebut berada pada baris ke-1313. Namun jika kamu dalam kondisi tidak login, kode tersebut berada pada baris ke-800.

Mencari "pbs"

Kemudian salin alamat gambar tersebut. Cukup salin sampai sebelum "/mobile". Maka kali ini didapatkan alamat gambar "https://pbs.twimg.com/profile_banners/371323385/1399578550". Kemudian buka tab baru di browser. Lalu tempel alamat tersebut.

Profile Banner

Jika sudah terbuka sempurna seperti gambar di atas, kamu sudah bisa menyimpannya. Coba klik kanan, kamu akan menemukan menu "Save Image As...".

Save Image

Bagaimana, mudah 'kan? Memang tak semudah menyimpan gambar biasanya. Hanya saja, tidak sesulit yang kamu bayangkan. Apalagi cara ini lebih efisien daripada harus memaksa melakukan screenshot yang tentu saja tidak akan mendapatkan hasil maksimal. Selamat mencoba :)

11 komentar:

  1. Sip! Langsung praktik. Udah bisa. Thanks!

    Sedikit sharing aja. Tadi, waktu mau praktekin ini, aku agak bingung. Langkah-langkahnya udah persis seperti tutorial ini, tapi hasil yang muncul selalu cover banner akunku sendiri. Padahal aku nyoba mau buka cover banner akun lain. Diulang berapa kali pun, hasilnya sama terus. Akhirnya kepikiran, mungkin karena tadi aku masih log in di Twitter. Terus aku log out dari sana, dan nyoba lagi. Kali ini berhasil. Cover banner akun yang aku tuju bisa terbuka dengan sukses, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya aku lupa menyebutkan line-nya: 1313
      pada line teratas biasanya kalo masih login adalah profile banner milik akun yang login tersebut :)

      thanks atas koreksinya :)

      Hapus
    2. terimna kasih ya kak jadi lebih mudah menyimpannya :)

      Hapus
  2. Mas, saya mencoba cari dari profile mas is.. Muncul pada 1318

    BalasHapus
    Balasan
    1. tiap browser beda2
      intinya muncul di sekitar 1313-an

      Hapus
  3. kalau di facebook covernya bisa di klik lalu save as john :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang iya yo
      makanya ga ada yang kesulitan dan ga ada pertanyaan tentang cover Facebook

      Hapus
  4. terimakasih admin, info sangat berguna sekali.
    dari sekian info yang saya dapat hanya info dari sini yang beneran bisa dan sangat mudah di praktekan *thumbup*

    BalasHapus
  5. terima kasih atas infonya semoga anda dapat mambantu lebih banyak orang lain lagi... dan akan selalu menjadi orang yang terbaik.. salam kenal rio

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia