30 Jul 2014

Berapa Jumlah Kata yang Bagus Untuk Entri Blog?

Menulis sebuah entri di blog juga membutuhkan pengetahuan dasar mengenai berapa jumlah kata-kata yang pas. Semua itu berkembang dari waktu ke waktu. Jika dulu standar jumlah kata yang bagus adalah minimal 200 kata.

Namun, beberapa tahun ini hal itu berubah bergeser semakin banyak. Bahkan ada yang membatasi minimal 300 kata. Ada yang mensyaratkan minimal 500 kata. Bayangkan 500 kata bukanlah jumlah yang sedikit. Untuk menghasilkan kata sebanyak itu, tentu harus mendalami materi yang ditulis.

Sebenarnya hal ini gampang sekali jika yang ditulis mengenai pengalaman pribadi maupun curahan hati yang sedang galau. Namun, tidak bisa dibayangkan jika hal itu diterapkan di blog yang membahas mengenai tutorial. Kadang terlalu banyak kata malah tidak efektif, karena tutorial akan lebih mudah jika menggunakan gambar atau video dan sedikit kata.

Jumlah Kata Untuk Entri Blog

Saya pribadi berpatokan sedikit longgar mengenai jumlah kata yang bagus untuk sebuah entri. Sebisanya saya mematok minimal 300 kata. Jika memang tidak mungkin mencapai jumlah itu, saya tidak ngoyo. Biarkanlah entri terlihat natural dan enak dibaca, dibandingkan harus memaksa target minimal jumlah kata terpenuhi.

Namun perlu diingat, normalnya semakin banyak kata semakin bagus. Jika ingin menargetkan kata kunci tertentu, tentunya memperbanyak frekuensi kata kunci dengan berbagai variannya di dalam entri. Misalkan saya menargetkan kata kunci "jumlah kata", maka sebisa mungkin kata-kata "jumlah kata" ini banyak dengan berbagai varian.

Cara Mengecek Jumlah Kata

Bagi pengguna layanan Blogger, untuk mengecek jumlah kata tidak bisa secara langsung tersedia. Menulis langsung di editor Blogger tidak seperti di aplikasi Ms. Word yang langsung keluar jumlah katanya. Oleh karena itu, Iskael juga membuat perangkat ngeblog untuk mengecek jumlah kata.

Penghitung Kata

Penghitung jumlah kata yang saya buat itu bekerja secara realtime. Jadi kamu tidak perlu susah-susah menekan tombol submit untuk mengecek kata. Kamu hanya fokus menulis atau menempel salinan kata yang kamu tulis. Ingin mencobanya, silakan klik tautan Penghitung Kata ini. Selamat mencoba :)

8 komentar:

  1. kalau di wordpress otomatis ada penghitung jumlah kata

    aku nulis mengalir saja, <100 kata hingga >500 kata pernah

    BalasHapus
  2. saya juga agak keblinger saat bikin artikel minimal ratusan kata agar terindex di google... denger-denger makin banyak jumlah katanya, masih gampang bersaing...

    BalasHapus
  3. Saya sendiri mengambil yang 300 kata. Kalau dalam tutorial, biasanya tak banyakin pengantarnya. Meski saya tahu, para pembaca enggan membaca pengantar. :D

    BalasHapus
  4. Kalo mau memnacing komentar pembaca biasanya saya menyingkat kata utk tutorial, kebanyakan image. Jdi bgi yg belom ngerti langsung pada komentar deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang tidak menyingkat dan sudah ditulis dengan jelas saja, masih ada yang tanya kug :)

      Hapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia