2 Jul 2014

Ada AdWords di Dasbor Blogger

Sudah lama tidak menulis di blog Iskael. Kali ini saya menulis tentang munculnya fitur baru di dasbor Blogger, yaitu tab Kampanye. Tab Kampanye ini jika dilihat dari logonya mirip sekali dengan Google AdWords. Setelah saya iseng-iseng mengeklik tab tersebut dan mengikuti alurnya, ternyata benar itu adalah Google AdWords.

Google AdWords merupakan layanan Google yang menjembatani pemilik blog atau situs untuk menambah trafik pengunjungnya. Caranya adalah dengan menampilkan iklan di hasil pencarian Google atau lewat iklan AdSense. AdWords ini adalah cara pintas yang diberikan oleh Google untuk memudahkan pemilik situs yang buta dengan Search Engine Optimization (SEO). Tentu saja layanan AdWords ini tidaklah gratis.

AdWords di Dasbor Blogger

Di bawah ini adalah tampilan tab Kampanye/AdWords yang ada di dasbor Blogger. Jika dulu terbiasa dengan munculnya tab AdSense di Blogger, kini Google memunculkan tab Kampanye untuk memudahkan penggunanya untuk mengetahui produk-produk Google.

AdWords/Kampanye

Kamu klik saja "Mulai sekarang" untuk mengetahui langkah-langkah selanjutnya. Berikut ini adalah halaman selamat datang di Google AdWords.

Selamat datang di AdWords

AdWords Keyword Planner untuk Mencari Perkembangan dan Volume Keyword

Meskipun saya tidak menggunakan AdWords untuk mengiklankan blog Iskael ini, tapi saya tetap bisa mengambil manfaat dari adanya AdWords ini. Salah satu tools yang saya suka di AdWords adalah Keyword Planner. Dengan Keyword Planner ini saya bisa mengetahui seberapa banyak pencarian sebuah keyword yang masuk di Google.

Trend dan Volume Pencarian Sebuah Keyword

Gambar di atas adalah salah satu hasil sebuah keyword [tutorial blog]. Saya sengaja menggunakan kurung kotak (brackets) "[ ]" untuk melakukan pencarian kata kunci secara spesifik. Yang lebih keren lagi, di Keyword Planner ini kamu bisa mengetahui lokasi pencari terbanyak.

Pada keyword "tutorial blog" dengan pembatasan hanya di Indonesia saja, menghasilkan hasil terbanyak di Jawa Timur (12.3% dari 1.300 pencarian tiap bulannya).


Jawa Timur, Pencari Terbanyak

Kamu bisa menjelajahi fitur lainnya yang ada di Keyword Planner. Selamat mencoba :)

6 komentar:

  1. Menurutmu pribadi, berpromosi blog via Adwords gitu besar dampaknya gak John?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung blog yang dipromosikan juga sih
      saudaraku pernah cobain AdWords dan hanya buang2 duit katanya
      efek ke blognya cuma dikit
      ya ga tahu lagi kalo emang situsnya pas banget sama audiensnya, mungkin bisa gede dampaknya

      Hapus
  2. udah kedaftar emailku di adword jadi belum tahu adwordnya (keyword tool-nya) bisa langsung dipakai di dashboard ga? (untuk yg emailnya belm pernah terdaftar)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, sama berarti :D
      kayaknya itu cuma tab yang nge-redirect aja deh yo

      Hapus
  3. cara pemasanganya atau pemakainya dari keword planer belum paham boss...

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja dicari2 sendiri, entar juga paham kug :)

      Hapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia