7 Jun 2014

Cara Membuat Efek Tulisan Kapur di Inkscape

Sudah lama saya tidak mengulas tutorial Inkscape. Kali ini saya akan mengajak kamu untuk membuat efek tulisan kapur pada Inkscape. Caranya sangatlah mudah sekali. Saya yakin sehabis membaca tutorial ini, kamu akan bisa membuatnya juga.

Penasaran bukan bagaimana membuat efek tulisan kapur pada Inkscape? Berikut ini ulasannya.

Baca juga: Cara Membuat Teks Melengkung di Inkscape

Cara Membuat Efek Tulisan Kapur di Inkscape

Pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat kotak berlatar belakang berwarna hijau dengan menggunakan Rectangle and Square.

Kotak Hijau

Setelah itu buatlah sebuah tulisan dengan warna putih. Usahakan pilihlah font yang menyerupai tulisan tangan. Pada tutorial ini saya memakai font Kristen ITC.

Teks Putih

Langkah berikutnya adalah mengubah teks tersebut berefek tulian kapur. Klik teks tersebut lalu pilih pada menu bar "Filters - Distort - Chalk and sponge".

Menambahkan Filter

Taraaa!! Berikut ini adalah hasilnya.

Hasil

Jika melihat hasilnya, maka kamu akan kecewa karena tulisan menjadi tidak begitu jelas terbaca. Hal ini karena area pengapuran sangat luas. Untuk menghasilkan efek pengapuran yang bagus, saya punya trik yang jitu. Caranya adalah dengan mengubah ukuran font menjadi sangat besar sesuai keinginan sebelum menerapkan efek tulisan kapur.

Setelah font dibesarkan, lalu terapkan efek tulisan kapur. Setelah itu kembalikan ke ukuran semula dengan cara resize, bukan lewat ukuran font. Berikut ini adalah hasilnya.

Hasil 2

Kita sadari bahwa Inkscape adalah perangkat lunak gratis yang tentunya memiliki banyak kekurangan. Kekurangan yang paling menonjol adalah tidak adanya kustomisasi nilai dari parameter efek-efek yang disediakan. Berbeda dengan perangkat lunak berbayar lainnya seperti Adobe Illustrator dan CorelDRAW. Namun, bukan berarti keterbatasan ini bisa membatasi kreativitas. Bukankah begitu? ;)

1 komentar:

  1. Keren yaaak Inkscape...TFS, aku kadang butuh yang begini kalau lagi longgar tentunya. Salam Kenal

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia