22 Jun 2014

Cara Membuat Halaman 404 Unik di Blogger

Mungkin kamu belum mengenal apa itu halaman 404. Halaman 404 adalah halaman yang muncul ketika alamat entri dari sebuah situs yang kamu cari tidak ketemu. Tidak ketemu ini bisa jadi karena entri tersebut telah dihapus oleh pemilik situs atau karena memang halaman entri tersebut tidak pernah ada sebelumnya.

Pemberitahuan ini biasanya tertulis "Error 404 Not Found". Jika kamu pernah menggunakan WordPress, tentu kamu sangat lazim dengan halaman 404. Di WordPress, kamu bisa membuat halaman unik sendiri untuk halaman 404. Tidak hanya WordPress, Blogger pun merilis fitur kustomisasi halaman 404 ini sejak tahun 2012 lalu.

Jadi, buat kamu yang suka banget dengan mengkreasikan tampilan blog kamu, kamu bisa menggunakan fitur halaman 404 ini untuk menuangkan kreativitasmu. Lalu bagaimana cara mengatur/menambahkan halaman 404 di Blogger? Berikut ini ulasannya.

Cara Membuat Halaman 404 Unik di Blogger

Pertama, loginlah ke akun Blogger-mu. Setelah itu, klik di bagian "Setelan". Setelah mengeklik "Setelan", pilih pada "Preferensi penelusuran".

Mengatur Halaman 404

Setelah itu perhatikan pada bagian "Kesalahan dan pengalihan", kemudian aktifkan dengan mengeklik "Edit" pada bagian "Pesan Khusus untuk Laman Tidak Ditemukan". Masukkanlah kode HTML, CSS, atau sekedar teks biasa untuk melakukan kustomisasi halaman 404-mu.

Jika selesai, jangan lupa untuk mengeklik "Simpan perubahan". Mudah, kan?

Contoh Halaman 404 Blogger

Berikut ini adalah contoh halaman 404 milik Iskael. Pada halaman 404, sengaja saya isi dengan sesuatu yang menyenangkan, yaitu permainan Teka-teki Silang.

Contoh Halaman 404 Iskael

Ingin mencobanya? Silakan kunjungi halaman 404 Iskael.

4 komentar:

  1. wah bagus ya mas kreasinya, ijin coba ya mas dan salam kenal

    BalasHapus
  2. halaman 404 bisa buat jadi bahan lucu-lucuan john kalau pemiliknya humoris

    BalasHapus
  3. jangan di buat link tu untuk halaman 404nya iskael, nanti diindex google baru tau rasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, ga bakal lah gan
      buktinya udah setahun lebih, ga masalah :P

      Hapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia