3 Jun 2014

Apple Akan Rilis OS X Yosemite September Mendatang

Kehadiran produk Apple baru memang sangat dinanti-nanti tiap tahunnya. Tahun ini Apple akan merilis OS X versi terbarunya, yaitu OS X Yosemite. Jika sekilas dilihat, tampilan OS X Yosemite mengadopsi tampilan iOS 7. Tahun ini, selain meluncurkan OS X Yosemite, Apple juga merilis iOS 8.

Sebenarnya, jika dilihat lebih jauh, tampilan OS X Yosemite ini sangat dipengaruhi oleh booming-nya tampilan flat yang diusung oleh Windows 8. Bedanya adalah OS X Yosemite ini memainkan peran gradien. Tentu saja tampilan OS X Yosemite ini lebih menarik di mata saya dibandingkan Windows 8 yang kaku.

Tidak sabar ingin melihatnya? Berikut ini tampilan OS X Yosemite secara global.

Tampilan OS X Yosemite

Di bawah ini adalah tampilan OS X Yosemite. Selain mengusung tema flat, OS X Yosemite ini mengusung konsep transculent. Konsep transculent ini sebenarnya sudah ada sejak Mac OS X Leopard, namun hanya diterapkan pada menu bar di bagian atas. Kini konsep transculent ini diterapkan juga pada window dan dock bar-nya.
OS X Yosemite

Fitur Baru di OS X Yosemite

Berbicara mengenai OS X baru, tentu erat kaitannya dengan fitur baru yang diusung. Apa saja fitur baru OS X Yosemite ini? Fitur baru yang ditawarkan oleh OS X Yosemite, antara lain:
  1. Fitur streamline toolbar. Fitur ini menjanjikan bahwa kamu bisa melihat lebih banyak ruang untuk melihat konten web. Mungkin yang fitur ini hampir sama dengan fitur browser Sleipnir.
  2. Kamu bisa mengunggah file dengan ukuran yang lebih besar pada aplikasi Mail dibanding sebelumnya.
  3. Integrasi iPhone dengan OS X kamu pada aplikasi Messages.
  4. Adanya iCloud Drive untuk menyimpan dan sinkronisasi file pada seluruh produk Apple yang kamu punya.
  5. Kamu bisa menerima telepon via MacBook kamu.
  6. Mengirim SMS juga bisa via MacBook.
  7. Kamu bisa menyelesaikan pekerjaan kamu yang tertunda di perangkat lain. Misalkan kamu menulis artikel di MacBook kamu, kamu bisa melanjutkannya di iPhone.
  8. Dapat membuat hotspot Wi-Fi dengan cepat.
Setidaknya itulah delapan fitur yang ditunjukkan di OS X Yosemite ini. Tentu kamu tidak sabar ini mengunduhnya juga, 'kan? Saya pun begitu. Sayangnya OS X Yosemite ini mulai dirilis September 2014 mendatang. Tapi, jangan sedih. Kamu bisa mencoba versi betanya dengan mendaftarkan diri di Apple untuk turut mencoba versi beta ini.

Mencoba versi Beta

Saya pun ikutan mendaftar untuk mendapatkan versi beta ini. Tinggal tunggu dapat tautan unduhan via email.

Mengapa Harus Rilis September (Musim Gugur)?

Mungkin banyak orang bertanya-tanya mengapa harus musim gugur OS X Yosemite ini dirilis. Jika melihat versi sebelumnya, OS X selalu dirilis di musim panas. Teka-teki inilah yang akhirnya membuat saya sedikit iseng Googling dan menemukan hipotesis mengapa OS X Yosemite dirilis musim gugur.

Hipotesis saya, musim gugur dalam bahasa Inggris dikenal dengan Autumn kadang disebut juga dengan Fall. Nama Yosemite sendiri adalah salah satu nama taman nasional di California. Taman nasional tersebut berupa air terjun. Silakan klik halaman Yosemite Falls di Wikipedia ini. Yosemite Falls, mempunyai unsur Fall. Hal ini bisa menjadi filosofi dari perilisan OS X Yosemite di musim gugur. Bagaimana menurutmu? Apa saya terlalu menduga-duga yah?

Nah, tidak hanya itu. Dari rentetan OS X Mavericks yang mengandung unsur ombak. Ombak ada di pantai. Kapan orang-orang akan ke pantai? Jawabnya adalah musim panas. Selanjutnya didukung oleh OS X Yosemite yang dirilis pada musim gugur. Tebakan saya, versi selanjutnya setelah OS X Yosemite ini akan mengandung unsur Winter dan dirilis di musim dingin. Itu sih hanya tebakan. Mau menambahkan? Silakan komentar di bawah ini :)

Update 24 Juli 2014


Video Preview OS X Yosemite

Berikut ini adalah video preview OS X dari Mashable.

5 komentar:

  1. Balasan
    1. Apple belum ngasih tahu
      dugaanku sih bakal gratis kayak Mavericks

      Hapus
    2. update dari TechChrunch, katanya gratis :)

      Hapus
  2. kemarin abis nginstall yang leopard aja susah bingits.
    udah suara nggak keluar, grapihs belom ada kextnya.
    batrei boros.
    dan akhirnya liat yosmite jadi pengen di kasih mekbuk.
    dikasih loh yak.

    minta retail mavericks donks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ambil aja di Hi-Tech Mall
      jangan lupa kasih tip ke penjaganya :D

      Hapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia