12 Mei 2014

Cara Modifikasi Mailto untuk Menghindari Spammer

Biasanya banyak pemilik website secara terang-terangan menuliskan alamat email-nya. Namun, tahukah kamu bahwa dengan cara tersebut sangat membuka peluang untuk dimanfaatkan oleh spammer. Entah menggunakan mesin apa, spammer ini bisa meng-grab seluruh alamat email yang ditulis secara gamblang.

Beberapa orang sadar akan bahaya ini lalu menuliskannya dengan agak bervariasi, namun tetap membuat orang awam paham. Berikut ini adalah salah satu contoh penulisannya: hai [at] iskael [dot] com. Dengan cara seperti itu, setidaknya memberikan tindakan penanggulangan dari spammer.

Baca juga: Jasa Pembuatan Email Kustom

Masalahnya tidak berhenti di sana, ada kasus bagaimana apabila alamat email itu diletakkan dalam sebuah ikon. Tentu saja hal yang harus dilakukan adalah dengan memberikan kode mailto:mail@domain.com. Nah, ini juga merupakan celah yang harus ditutup. Hal inilah yang membuat saya berpikir bagaimana cara modifikasi mailto untuk menghindari penyalahgunaan oleh spammer.

Cara Modifikasi Mailto untuk Menghindari Spammer

Berikut ini adalah kode yang saya buat untuk memodifikasi mailto. Saya menggunakan jQuery untuk mempermudah memahami bagaimana cara kerjanya. Silakan kamu klik tab Result untuk menikmati fungsinya.

$('a').click(function(){
  $('a').attr('href','mailto:hai@iskael.com');
});
See the Pen ugCAn by Iskandar Dzulkarnain (@iskael) on CodePen.

Tampilan Popup Setelah Mengeklik (Firefox)

Ketika diklik, maka secara otomatis akan menambahkan atribut href bernilai mailto alamat email saya. Namun ketika tidak diklik, maka nilai dari atribut href adalah #. Hal ini setidaknya mengelabui mesin grab karena hanya pengeklik natural yang bisa tahu alamat emailnya. Mudah, 'kan? Selamat mencoba :)

2 komentar:

  1. spammer ngeselin john ... ga cuma main di blog mereka, tapi juga di forum

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di forum itu malah so pasti yo :D

      Hapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia