18 Apr 2014

Cara Menampilkan Grid Axonometric pada Inkscape

Bagi kamu yang suka mendesain, kamu juga mungkin mengenal istilah isometrik. Isometrik ini sangat populer dan banyak digunakan untuk logo, misalnya logo SmashingHub dan CodePen. Nah, ternyata membuat logo dengan proyeksi isometrik tidaklah gampang. Ketelitian sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Sempat saya mencari bagaimana cara menampilkan grid untuk membantu mendesain proyeksi isometrik. Namun, saya hanya menemukan cara manual di Adobe Illustrator. Berbeda dengan Inkscape yang notabene perangkat lunak gratis untuk mendesain, Inkscape menyediakan fitur grid axonometric.

Apa bedanya isometrik dan aksonometrik? Isometrik adalah bagian dari aksonometrik, hanya saja isometrik mempunyai sudut sempurna di tiap sisinya yaitu 120 derajat. Sedangkan aksometrik, kamu bisa mendefinisikan sudut sesuai dengan kebutuhanmu. Baiklah, langsung saja saya akan menunjukkan cara menampilkan grid axonometric pada Inkscape.

Cara Menampilkan Grid Axonometric pada Inkscape

Pertama, bukalah aplikasi Inkscape kamu. Setelah itu klik pada menu "File > Document Properties", atau kamu bisa menggunakan cara singkatnya dengan menekan "Ctrl Shift D".

Document Properties

Setelah itu pilihlah "Axonometric grid" lalu klik "New". Kemudian aturlah parameter aksometriknya sesuai seleramu.

Pilih Axometric grid

Maka secara otomatis axonometric grid akan muncul di layar kerja kamu, seperti pada gambar berikut.

Axonometric

Langkah selanjutnya adalah silakan berkreasi. Mudah bukan? Selamat mencoba :)

2 komentar:

  1. oh garis bantu bentuk itu... yg aku tahu cuma garis bantu kotak-kotak

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah kelebihan inkscape yo :)
      padahal gratis

      Hapus