12 Feb 2014

10 Hal Tentang Flappy Bird yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Flappy Bird. Game ini lagi rame diperbincangkan di mana pun. Padahal jika dilihat dari grafisnya seakan game ini tidak akan menjadi booming. Namun, takdir berkata lain. Dengan gaya grafis yang menyerupai Super Mario dan gameplay yang keren, Flappy Bird berhasil menarik perhatian penikmat game di dunia.

Namun, saat game ini sedang mencapai puncak ketenarannya, sang pembuat game ini malah menarik game ini dari peredarannya. Banyak mistreri yang belum diketahui dari sikap yang diambil oleh developer game Flappy Bird.

Berikut ini adalah 10 hal tentang Flappy Bird yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Flappy Bird Dibuat oleh Developer Game Vietnam

Saya pun awalnya menyangka bahwa game ini dibuat oleh developer Amerika Serikat. Maklum biasanya game yang booming biasanya dibuat oleh developer Amerika Serikat. Namun, siapa sangka game Flappy Bird ini dibuat oleh developer dari Vietnam yang bernama Dong Nguyen (@dongatory). Dong Nguyen membuat game ini sendirian. Bisa terlihat dari grafis yang sederhana dan sound effect yang digunakan.


2. Flappy Bird Setidaknya Menghasilkan Rp 600 Juta/Hari

Dalam ketenarannya, Flappy Bird setidaknya bisa menghasilkan Rp 600 Juta per hari. Hal ini dilansir oleh situs berita Indonesia yang menukil dari berita luar negeri.

Flappy Bird

3. Flappy Bird Sekarang Menjadi Tren di Kalangan Pecandu Game

Flappy Bird sekarang menjadi tren di kalangan pecandu game. Bahkan setelah Flappy Bird ini hilang dari peredaran, makin banyak game yang serupa dengan Flappy Bird bermunculan. Salah satunya adalah Amazing Cupid, game berkonsep seperti Flappy Bird buatan anak Indonesia.

4. Flappy Bird adalah Game Sederhana

Jika kamu meneliti lebih dalam, Flappy Bird adalah game yang sangat sederhana. Bahkan hanya ada instruksi untuk melakukan sentuhan di layar ponsel kamu. Tanpa ada penjelasan atau pengaturan yang biasanya ada di game lainnya. Konsepnya juga sederhana, burung mengepak sayap dan menghindari pipa. Namun mengapa banyak orang suka?

5. Flappy Bird Memiliki Tingkat Kesulitan yang Tinggi

Alasan Flappy Bird disukai sekaligus dibenci adalah karena tingkat kesulitannya yang tinggi. Meskipun banyak yang mengumpat karena gagal mendapatkan skor yang tinggi, pemain game ini masih saja tergila-gila dan penasaran.

6. Flappy Bird Juga Tersedia dalam PC (versi Flash)

Awalnya Flappy Bird hanya tersedia di iOS. Setelah berhasil menduduki nomor satu di App Store, Dong Nguyen membuat Flappy Bird ini di Android. Bahkan Dong Nguyen sempat menjanjikan akan membuatnya di Windows Phone. Namun, akhirnya Dong Nguyen meminta maaf karena tidak sempat merilis Flappy Bird di Windows Phone karena Dong Nguyen telah resmi menarik Flappy Bird dari peredaran.

Jika kamu penasaran dan belum sempat mengunduhnya, kamu bisa mengunjungi halaman ini untuk bermain Flappy Bird versi Flash.

7. Flappy Bird Menggunakan Konsep Grafitasi

Konsep gravitasi memang banyak digunakan oleh game sederhana layaknya Super Mario, game jaman dulu lainnya, bahkan hingga Flappy Bird. Konsep gravitasi ini memang memudahkan penikmat game untuk menyederhanakan tombol "down" agar tidak perlu lagi ditekan. Jika kamu penyuka game flash, kamu akan menemukan sebagian game flash menggunakan konsep grafitasi.

8. Flappy Bird Mendukung Semua Versi Android yang Beredar Saat Ini

Berbeda dengan game lainnya, Flappy Bird ini dibuat untuk bisa dinikmati semua versi Android. Untungnya saya sempat mengunduh Flappy Bird untuk Android versi 2.3.6 (Gingerbread) dan agak stres memainkan game ini. Jika kamu belum pernah mengunduhnya, sungguh kasihan karena tidak bisa tahu rasanya stres main Flappy Bird.

9. Belum Ditemukan Cheat di Flappy Bird

Karena game ini sederhana, tentu apa yang bisa di-cheat. Saya sempat mencari-cari di forum-forum mengenai cheat Flappy Bird. Ternyata hingga game ini ditarik oleh Dong Nguyen, masih belum ada cheat-nya.

10. Flappy Bird Sudah Ditarik dari Peredaran

Flappy Bird ditarik dari peredaran oleh Dong Nguyen. Tahu sebabnya? Karena Dong Nguyen merasa game ini menyalahi penggunaan. Dong Nguyen menginginkan game ini hanya dimaikan di waktu santai, bukan membuat orang menjadi adiktif. Bahkan ada yang ponselnya rusak karena kebanyakan main game Flappy Bird.

Mungkin masih banyak lagi tentang Flappy Bird yang belum diketahui. Salah satunya adalah nilai terakhir yang dicapai hingga game dinyatakan tamat. Tamat Flappy Bird? Berapa waktu yang dibutuhkan untuk terus melotot ke ponsel hanya untuk game Flappy Bird?

11 komentar:

  1. wah, baru tau 10 hal tentang flappy bird ini :D

    BalasHapus
  2. aku ga percaya flappy bird bisa menghasilkan 600 juta perhari... di iOS kan gratis ... di Android baru januari 2014 munculnya dan gamenya bisa dimainkan offline.. jadi iklnanya ga keluar

    BalasHapus
    Balasan
    1. loh kamu ga tahu ta yo kalo kita juga dapet duit dari banyaknya orang yang download, meskipun aplikasi kita gratis :)

      Hapus
  3. satu lagi mas

    11. saya hanya bisa sampai level 50, haha

    BalasHapus
  4. Developernya mau berbesar hati menarik game ini karena bisa bikin orang kecanduan, ini baru developer top .. :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul :D
      harusnya Facebook juga dihentikan
      karena memakan banyak korban :v

      Hapus
    2. saya juga salah satu korbannya :v

      tapi untuk permasalahan yg bikin saya greget cuman di masalah PIPA hijaunya :D

      Hapus
    3. wekekek :D
      emang PIPA nya kenapa?
      kan cuma diem aja

      Hapus
  5. Yang terakhir itu ngenes banget ya, gila flappy bird orang dibuatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. santai saja, rumornya bakal dirilis lagi :D

      Hapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia