26 Jan 2014

Cara Memasang Template Blogger

Template bagai baju bagi seorang Blogger. Template seperti jati diri yang menunjukkan blog tersebut membahas tentang apa. Kita pun dapat mengunduh banyak template Blogger gratis yang disediakan oleh banyak direktori template Blogger gratis, misalnya Koala Templates.

Namun, tidak semua blogger tahu bagaimana cara memasang template Blogger hasil unduhannya tersebut. Hal ini dikarenakan antarmuka dasbor Blogger yang ganti sejak Oktober 2012 lalu. Antarmuka yang sekarang memang terlihat lebih bagus secara tampilan, namun kurang menyenangkan dari sisi User Experience-nya. Buktinya banyak blogger yang bingung.

Di entri kali ini saya akan menjelaskan tentang cara memasang template Blogger. Caranya mudah, namun ternyata ada yang kesulitan menemukan tombolnya.

Cara Memasang Template Blogger

Pertama, login ke dasbor akun Blogger kamu. Setelah itu klik bagian "Template". Setelah itu kamu akan melihat tombol "Cadangkan/Pulihkan".

Cadangkan/Pulihkan
Klik tombol tersebut. Lalu akan muncul jendela popup seperti di bawah ini. Lakukan pencadangan template sebelum mengubah template. Hal ini dilakukan agar kamu bisa mengembalikan ke template sebelumnya apabila tidak cocok dengan template yang baru. Klik "Unduh template lengkap" untuk mencadangkan template.

Setelah pencadangan dilakukan, klik tombol "Browse".

Browse
Pilih Template

Misalkan saya memilih ayam-kekep.xml yang ada di Desktop saya. Klik "Open". Setelah itu akan mucul "ayam-kekep.xml" di samping "Browse".

Klik Unggah

Setelah tampil seperti ini, klik "Unggah". Tunggu beberapa detik, template baru kamu sudah bisa dinikmati. Mudah bukan? Selamat mencoba :)

7 komentar:

  1. kalau ini aku sudah lama bisa'nya john :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya emang dari dulu banyak yang bisa yo :D
      ini kan emang ada yang request, jadi aku buatin tutorialnya

      Hapus
  2. kunjungan perdana gan, lengkap banget gan tutorial memasang template blognya, semoga sukse gan dengan blognya

    BalasHapus
  3. Sejujurnya aku malah baru ngerti soal ini. Sejak Blogspot mengganti interface-nya, aku agak bingung. Jadi, setiap mau ganti template, yang pertama di-klik bukan "Cadangkan/Pulihkan", tapi "Sesuaikan". Kacau, kan? Yah, namanya juga nggak ngerti!

    Jadi, kemarin2, tiap mau ganti template, aku ribet banget. Pertama, membuka file template di Wordpad. Lalu aku copy, terus di-paste ke badan template blog. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. heuh?
      aku kira cuma mbak Lidya aja yang bingung :D
      ternyata banyak blogger yang bingung dengan interface baru Blogger

      Hapus
  4. sangat membantu, terima kasih :)

    BalasHapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia