10 Agt 2013

Fullpage Screenshot dengan Screen Capture di Google Chrome

Sebelumnya sudah aku bahas cara melakukan fullpage screenshot pada Mozilla Firefox. Kali ini, aku akan membahas cara melakukan fullpage screenshot di Google Chrome. Karena di Google Chrome tidak ada fitur bawaan untuk melakukan screenshot, maka cara yang memungkinkan adalah dengan menambah ekstensi Google Chrome. Sebenarnya banyak ekstensi di Google Chrome yang mempunyai kemampuan ini, namun setelah aku coba beberapa ekstensi, aku lebih suka menggunakan Screen Capture daripada ekstensi lainnya. Selain lebih banyak fiturnya, Screen Capture ini mudah sekali digunakan. Satu hal lagi yang membuat aku yakin adalah karena ekstensi ini dibuat oleh Google.

Screen Capture by Google

Bagi kamu yang penasaran bagaimana Screen Capture ini bekerja, silakan kamu buka Google Chrome lalu carilah ekstensi Screen Capture di Chrome Store. Untuk lebih cepatnya, kamu bisa mengunjungi tautan ini. Ketika muncul seperti gambar di bawah ini, klik Add to Chrome.

Screen Capture by Google

Setelah itu, akan ada konfirmasi instalasi. Instal ekstensi itu, lalu nikmati fitur-fiturnya.

Fitur Screen Capture

Screen Capture ini mempunyai 3 fitur dalam melakukan screenshot, antara lain:
1. Capture Page Region, mengambil gambar sesuai ukuran yang kita inginkan dengan drag dan drop bagian yang ingin diambil.
2. Capture Visible Content, mengambil gambar sesuai yang tampil dalam jendela browser.
3. Capture Whole Page, mengambil gambar secara penuh halaman situs.

Fitur Screen Capture

Umumnya, gambar yang dihasilkan oleh Screen Capture ini berformat .PNG, namun kamu bisa mengaturnya menjadi .JPG dengan mengeklik Options dan mengubah pengaturannya.

Screen Capture (Google Chrome) vs Screenshot (Mozilla Firefox)

Berdasarkan uji coba yang aku lakukan, ada kekurangan yang terdapat pada ekstensi Screen Capture ini. Kelemahannya adalah ketika Screen Capture ini mengambil gambar dari situs yang memiliki sticky widget. Sticky widget akan diulangi sehingga hasil screenshot terkesan aneh. Kamu bisa melihat apa yang aku maksudkan melalui perbandingan hasil dari Screen Capture (Google Chrome) dan Screenshot (Firefox).

Hasil Screen Capture

Ada pengulangan dari sticky widget yang diambil. Berikut adalah uji coba yang dilakukan di situs Persona Intikalia yang notabene mempunyai sticky widget.

Hasil Screen Capture

Berbeda dengan hasil yang diperoleh di Mozilla Firefox. Hasilnya jauh lebih bagus, tidak ada pengulangan sticky widget. Bisa kamu lihat melalui gambar di bawah ini.

Hasil Screenshot

Untuk menghasilkan gambar seperti di bawah ini, kunjungi tautan ini untuk penjelasan rincinya.

Hasil Screenshot

Sebenarnya aku juga ingin menguji fitur screenshot yang ada di browser lain seperti Opera dan Safari. Mungkin di lain kesempatan aku akan mengupas topik screenshot di browser lain di entri mendatang. Semoga saja :)

3 komentar:

  1. tulisan enny sama tulisan iska, tulisan enny lebih luwes :D

    aku kalau screnshoot pakai shutter, ga suka screenshot pakai browser

    BalasHapus
    Balasan
    1. knp john ga bawa style tulisan intikali ke blog ini yah :D

      Hapus
    2. wekekek, iya yo :D
      di sini (iskael.com) aku emang agak official :P
      kaku sih, tapi gapapa lah :)
      toh kalo pengen yang luwes bisa main ke blog intikali :D

      Hapus

Populer Terbaru Komentar

Entri Terbaru

Komentar Terbaru

Creative Commons License
All contents by Iskael is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivs 3.0 Unported License.
Based on a work at Iskael.
Permissions beyond the scope of this license may be available at Iskael.
© 2013 Belajar Ngeblog bersama Iskael. All Right Reserved. Powered by Blogger. Iskael Template by Iskael. Submitted on TopBlogIndonesia